Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 5, No 4 (2022): Desember

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 9 BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH MALAWILI KABUPATEN SORONG

Mu’arief Hasanah (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Syams Kusumaningrum (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Indri Anugrah Ramadhani (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring Suite 9 berbasis android pada pembejaran IPA kelas V di SD Muhammadiyah Malawili Kabupaten sorong. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring Suite 9 berbasis android pada pembejaran IPA kelas V di SD Muhammadiyah Malawili Kabupaten sorong. (3) Mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring Suite 9 berbasis android pada pembejaran IPA kelas V di SD Muhammadiyah Malawili Kabupaten sorong. Penelitian ini menggunakan metode peneltian dan pengembangan (R & D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model ini terdiri atas lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Malawili Kabupaten Sorong yang berjumlah 13 peserta didik untuk skala kecil dan 20 orang untuk skala besar. Tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android dinyatakan dinyatakan layak karena nilai rata-rata uji kelayakan oleh guru kelas rata 4,4 yang berada pada interval >4,2 - 5,0 dengan kategori sangat baik. Tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis android dinyatakan dinyatakan layak karena hasil ujicoba skala kecil pada 13 peserta didik dikelas V memperoleh presentase nilai 87,87% katergori sangat baik kemudian dilanjutkan ujicoba skala besar pada 20 peserta didik dengan memperoleh presntasi nilai 89,11% kategori sangat baik. Dengan demikian media pembelajaran interaktif berbasis android sangat valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.Abstract: This study aims to (1) Find out the development of interactive learning media using android-based iSpring Suite 9 in class V science learning at Muhammadiyah Malawili Elementary School, Sorong Regency. (2) Knowing the feasibility of interactive learning media using android-based iSpring Suite 9 in class V science learning at Muhammadiyah Malawili Elementary School, Sorong Regency. (3) Knowing the effectiveness of using interactive learning media using android-based iSpring Suite 9 in class V science learning in Sekolas Dasar Muhammadiyah Malawili Sorong Regency. The development model used in this study is the ADDIE model. This model consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects in this study were class V students of SD Muhammadiyah Malawili, Sorong Regency, totaling 13 students for small scale and 20 for large scale. The feasibility level of android-based interactive learning media was declared feasible because the average score of the feasibility test by the grade teacher averaged 4.4 which was at intervals of >4.2 - 5.0 with excellent categories. The feasibility level of android-based interactive learning media was declared feasible because the results of a small-scale trial in 13 students in class V obtained a percentage value of 87.87% very good category then continued with a large-scale trial in 20 students by obtaining a score of 89.11% in the excellent category. Thus android-based interactive learning media is very valid and effectively used in the learning process.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...