cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pendekar.ummat@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram Jln. KH. Ahmad Dahlan, No. 1, Pagesangan, Kota Mataram, NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
ISSN : -     EISSN : 26151421     DOI : 10.31764/pendekar
Core Subject : Education,
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah lainnya di bidang pendidikan. Adapun cakupannya meliputi hasil penelitian di bidang matematika dan ilmu alam, teknologi informasi dalam pembelajaran, sosio geografis, agama dan budaya, bahasa dan sastra, serta humaniora. Terbit dua kali setahun yakni bulan April dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 165 Documents
PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA KARTU SOAL PADA SISWA KELAS 5 SD NEGERI SIDOREJO LOR 03 SALATIGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018 Damasus Fajar Nugroho; Nyoto Harjono; Gamaliel Septian Airlanda
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 1, No 1 (2018): April : Special Issues
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v1i1.359

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian adalah bahwa penerapan model PBL berbantu media kartu soal dapat memperbaiki proses dan hasil belajar matematika. Pada siklus I, persentase ketercapaian aktivitas guru sebesar 81% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92% dan ketercapaian aktivitas siswa pada siklus I sebesar 82,67% yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 93,33%. Peningkatan hasil belajar matematika dilihat dari aspek kognitif persentase ketuntasan untuk siklus I mencapai 64,29% dan meningkat pada siklus II menjadi 83,33%. Abstract:  This research is a classroom action research (PTK). The result of this research is that the application of PBL model assisted by media of problem card can improve the process and result of learning mathematics. In cycle I, the percentage of achievement of teacher activity was 81% which then increased in cycle II to 92% and the achievement of student activity in cycle I was 82.67% which then increased in cycle II to 93,33%. Improvement of learning mathematic content is seen from the cognitive aspect of the percentage of completeness for cycle I reaches 64.29% and increases in cycle II to 83.33%.
PENERAPAN TEKNIK PENGAWASAN AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR MENGHADAPI ERA DIGITAL Kusnadi Saleh
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 3, No 1 (2020): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v3i1.2825

Abstract

Abstrak: Pengawasan adalah bagian dari manajemen berbasis sekolah. Supervisi akademik oleh kepala sekolah seorang pendidik sangat penting untuk memahami kekuatan dan kelemahan fakultas. Beberapa teknik supervisi akademik dapat digunakan untuk melaksanakan supervisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik supervisi akademik utama bagi tenaga pendidik dalam merespon era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan pencatatan. Penelitian dilakukan di SD Negeri  karangpenang Oloh I Kecamatan  karangpenang  Kabupaten Pamekasan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kepala sekolah menggunakan teknologi supervisi akademik kunjungan kelas, dalam hal ini kepala sekolah mengamati secara langsung kegiatan pembelajaran di kelas. Kepala sekolah kemudian menggunakan teknologi pertemuan pribadi saat memberikan bimbingan kepada pendidik. Dalam penerapan teknologi supervisi tenaga pendidik kemampuan kepala sekolah sangat diperlukan, karena teknologi supervisi sangat beragam dan dapat dilaksanakan sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing. Abstract: Supervision is part of school-based management. Academic supervision by the principal of an educator is very important to understand the strengths and weaknesses of the faculty. Several academic supervision techniques can be used to carry out supervision. This study aims to determine the implementation of the main academic supervision techniques for educators in responding to the digital era. This study uses a qualitative method. The data collection techniques used were observation, interview and note taking. The research was conducted at SD Negeri  karangpenang Oloh I,  karangpenang  District, Pamekasan Regency. The result of this research is that the principal uses class visit academic supervision technology, in this case the principal observes directly the learning activities in the classroom. Principals then use private meeting technology when providing guidance to educators. In the application of supervisory technology, the ability of school principals is needed, because supervision technology is very diverse and can be implemented according to the conditions of each school.
PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI SD Syukran Hadi
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 3, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v3i2.2806

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigasi pada siswa yang dilaksanakan dengan pendekkatan kualitati jenis penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus, pengumpulan data dengan metode Observasi,  interview, dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,00%), siklus II (75,00%), siklus III (85,00%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Group Investigasi dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.Abstract:  The purpose of this research is to determine the improvement of student learning achievement by applying the cooperative learning method of the Investigative Group model which is carried out by short quality of class action research as many as three cycles, data collection by observation method, interview, documentation, and test. Data obtained in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities. It was obtained that students' learning achievement improved from cycle I to cycle III, namely, cycle I (65.00%), cycle II (75.00%), cycle III (85.00%). The conclusion of this study is that the cooperative method of the Investigative Group model can improve the math learning achievement.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD KELAS 4 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS KURIKULUM 2013 Rosemey Ratna Purnawati; Slameto Slameto; Elvira Hoesein Radia
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 1, No 1 (2018): April : Special Issues
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v1i1.350

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbasis Kurikulum 2013 pada siswa kelas 4 di salah satu SD Negeri kota Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Siklus I dan II terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4. Pada kondisi awal nilai rata-rata klasikal adalah 62,25 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 10 siswa dan jumlah siswa tidak tuntas sebanyak 10 siswa. Pada siklus I rata-rata hasil belajar matematika meningkat menjadi 75,50 dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 83,00. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I presentase ketuntasan mencapai 75% dan pada siklus II presentase ketuntasan mencapai 90%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbasis Kurikulum 2013  dapat meningkatkan hasil belajar.Abstract:  This study aims to improve the learning outcomes of mathematics through Discovery Learning based on 2013 curriculum model in the fourth grade students on one of the Salatiga State Elementary Schools. This type of research is a Classroom Action Research with two cycles. Both cycles consist of three meetings. The subjects of the study were the fourth grade students. The initial condition showed that the score was 62,25 with the total number of students who passed were only 10 students and the number of students who hasn’t passed were 10 students. At the first cycle of mathematics learning the outcomes increased to become 75,50. It means the percentage of completeness reached 75%. At the second cycle the average of student’s learning outcomes increased again to become 83,00. Showed that percentage of completeness reached 90%, thus it can be concluded that the Discovery Learning based on 2013 curriculum model can improve student learning outcomes.
PEMANFAATAN SOFTWARE MATRIX LABORATORY (MATLAB) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KINEMATIKA Siwi Puji Astuti; Alhidayatuddiniyah T.W.
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 3, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v3i2.2892

Abstract

Abstrak: Ada beberapa program aplikasi komputer yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika, khususnya Kinematika. Salah satunya software matrix laboratory atau yang lebih dikenal dengan Matlab. Matlab adalah suatu software yang dapat membantu kita untuk melakukan perhitungan matematik, analisis data, mengembangkan algoritma, melakukan simulasi dan pemodelan, serta menyajikannya dalam bentuk grafis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui minat belajar mahasiswa dengan menggunakan software Matlab. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa program studi Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta PGRI. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Informatika semester 3 pada semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan perhitungan didapat skor sebesar 72,35 %, atau dapat dikatakan bahwa mahasiswa yang suka belajar fisika dengan Matlab sebanyak 49 mahasiswa dan hasil lain menunjukkan hasil 70 % yang artinya sebanyak 48 mahasiswa setuju dengan adanya penggunaan software Matlab membuat mahasiswa lebih memahami soal fisika.Abstract: There are several computer application programs that can be used as a medium for learning physics, especially kinematics. One of them is the matrix laboratory software or better known as Matlab. Matlab is a software that can help us to perform mathematical calculations, data analysis, develop algorithms, perform simulations and modeling, and present them in graphical form. The purpose of this study was to determine student interest in learning by using Matlab software. The research was conducted on students of the Informatics study program, FTIK, Indraprasta PGRI University. The population of this study was the 3rd semester Informatics students in the odd semester of the 2019/2020 school year. Based on the calculation obtained a score of 72.35%, or it can be said that students who like to learn physics with Matlab are 49 students and other results show 70% results, which means that 48 students agree with the use of Matlab software to make students understand more about physics problems.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE INKUIRI BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF PADA SISWA KELAS III SD Cahya Murtiningsih; Henny Dewi Koeswati; Sri Giarti
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 1, No 1 (2018): April : Special Issues
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v1i1.377

Abstract

Abstrak:. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan metode inkuiri berbantuan video interaktif pada siswa kelas III SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus.  Setidap siklus setiap siklus dilaksanakan melalui 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara individu dan klasikal kemudian dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas III SD mengalami peningkatan.  Hal ini ditunjukkana danya hasil belajar siswa pada evaluasi mengacu pada kriteria keberhasilan yang sudah ditentukan yaitu 70. Nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 82% pada mata pelajaran IPA. Dengan rincian pra siklus ketuntasan 46% dari 18 siswa yang telah mencapai keberhasilan dengan rata-rata 68, siklus I menjasi 56% dari 22 siswa yang telah mencapai keberhasilan dengan rata-rata 68, dan menjadi 82% pada siklus II  dari 32 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata 72. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri berbantuan video interaktif dapat meningkatkan hasil bellajar siswa. Abstract: this study aims to see the improvement of science learning outcomes trought the aplications of inquiry learning method assisted interactive video in the third grade students of SD. Type of research used is clasroom acion research consisting of two cycles. Each cycles is implemented throught three stages of plannning, implementatio, and reflection. The subjects of this study were all students SD. The data of this study were obtained throught observation and test. The data of students’ learning outcomes were analyzed based on the percentage of learning completeness individually an clasically then described descriptively. The result showed an increase in the percentage of student learning on SD. This is incated by the result of student learning on evaluation refers to succes criteria that have been determined that is 70. The average grade of students’ learning completeness in class has increased by 82% in science subjects. With pre-cycle completeness details if 44% off 18 students who have achieved succes with an average of 68%, cycle II of 32 students who achieve mastery learning with an average of 72. Assisted interactive video can improve student learning outcomes.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 7 SALATIGA Irham Fuadi; Sutriyono Sutriyono
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v1i1.282

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variable. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskiptif kualitatif. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 7 Salatiga dengan jumlah subjek sebanyak 3 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan siswa masih melakukan kesalahan pada type I (reading error) sebesar 0%, kesalahan pada type II (comprehension error) sebesar 19%, kesalahan pada type III (transformasion error) sebesar 14%, kesalahan pada type IV (process skill error) sebesar 24%, dan kesalahan pada type V (enconding error) sebesar 44%. Abstract:  This study aims to analyze students' errors in solving the material story of the system of two linear equations. The method used in this study is descriptive qualitative. The samples are taken from VIII H grade students of SMP Negeri 7 Salatiga with the number of subjects as many as three students. The result of this research showed students still made an error on type I ( reading error ) as much as 0 % , an error on type II ( comprehension error) is approximately 19 % , an error on type III ( transformation error) 14 %  , an error on type IV (process skill error) 24 %, and an error on type V ( enconding error ) as much as 44 % .
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 4 Septiana Eka Pratiwi; Suroso Suroso; Yustinus Yustinus
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 1, No 1 (2018): April : Special Issues
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v1i1.364

Abstract

Abstrak: Penelitian dilatarbelakangi kondisi pembelajaran Matematika siswa kelas IV SDN Nyemoh Kecamatan Bringin bermetode konvensional dan berimplikasi kepada hasil belajar 58,82 % di bawah KKM. Penulis berangkat dari pertanyaan apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa? Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini, diterapkan pada siswa sejumlah 17 orang. Hasil penelitian menunjukan kondisi awal minat siswa 70,59% (Rendah), 58,82% (Tinggi) di siklus I dan siklus II 88,24% (Tinggi) serta 11,76% (Sangat Tinggi). Sedangkan hasil belajar siswa menunjukan nilai rata-rata 57,35 (58,82%< KKM) pada awalnya. Siklus I (23,53%< KKM) dan siklus II ( 0 %<KKM). Pelibatan siswa yang dominan disertai dengan tuntutan pemahaman dan penguasaan materi merupakan faktor utama pencapaian tersebut.Abstract:  Research background of learning condition of Grade 4 students of State Elementary School of Nyemoh District Bringin conventional method and have implication to learning result 58,82% under KKM. The author set out from the question whether through the application of learning models Teams Games Tournament type can increase student interest and learning outcomes math? This collaborative classroom action study, applied to students of 17 people.  The result showed that the initial condition of student interest was 70,59% (Low), 58,82% (High) in cycle I and cycle II 88,24% (High) and 11,76% (Very High). While the result of student learning showed average value 57,35 (58,82% <KKM) at first. Cycle I (23.53% <KKM) and cycle II (0% <KKM). The dominant student involvement accompanied by the demands of understanding and mastery of the material is the main factor of achievement.
ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN-ENDED PADA MATERI BANGUN DATAR BAGI SISWA KELAS VIII SMP KRISTEN 02 SALATIGA Bella Binta Briliantyas; Kriswandani Kriswandani; Novisita Ratu
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v1i1.244

Abstract

Abstrak: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah open-ended pada materi bangun datar bagi siswa kelas VIII SMP Kristen 02 Salatiga. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII SMP Kristen 02 Salatiga yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Subjek penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) Subjek berkemampuan matematika tinggi mencapai tingkat 4 (sangat kreatif) dimana indikator kelancaran, keluwesan dan kebaruan dipenuhi; 2) Subjek berkemampuan matematika sedang mencapai tingkat 3 (kreatif) dimana subjek dapat memenuhi 2 indikator yaitu kelancaran dan keluwesan; 3) Subjek berkampuan matematika rendah mencapai tingkat 2 (cukup kreatif) dimana subjek hanya memenuhi indikator keluwesan. Abstract:  The type of this research is qualitative research that aims to analyze the level of students creative thinking ability in solving open-ended problem in geometric shapes material for VIII students of SMP Kristen 02 Salatiga. The subject of this research is 3 students of class VIII SMP Kristen 02 Salatiga who have high, medium, and low math skills. The subject of this research is taken by using purposive sampling technique. Data collection techniques in the form of tests and interviews. Based on the results of the analysis can be concluded that: 1) subjects with high math achievement level 4 (very creative) where indicators of fluency, flexibility, and novelty are met; 2) Subjects capable of achieving mathematics level 3 (creative) in which the subject can meet 2 indicators of fluency and flexibility; 3) Subjects with low mathematics have reached level 2 (creative enough) where the subject only meets the flexibility indicator.
ANALISIS PENGUKURAN TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAPITAL, ASSET, MANAGEMENT, EARNING, LIQUIDITY (CAMEL) Teddy Aprilliadi; Erlina Sari Pohan; Siti Aisyah
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 2, No 2 (2019): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v2i2.2835

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi masalah bahwa pengukuran tingkat kesehatan bank sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan keuangan bank, menilai kinerja keuangan dan mengetahui perkembangan tingkat kesehatan bank pada PT. BPRS Mu’amalah Cilegon Tahun 2015-2018 yang diukur dengan analisis Capital (CAR), Asset (KAP & PPAP), Management, Earning (ROA & BOPO) dan Liquidity (CR & LDR) atau disebut dengan metode (CAMEL) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, tingkat kesehatan bank dilihat dari faktor permodalan (CAR) rasio ini masuk dalam kategori sehat. Rasio aktiva produktif yang diklasifikasikan terhadap aktiva produktif (APYD terhadap AP) dinyatakan tidak sehat, sedangkan tahun 2017-2018 dinyatakan sehat. Sedangkan rasio penyisihan penghapusan aktiva produktif yang telah dibentuk terhadap penyisihan penghapusan aktiva produktif yang wajib dibentuk (PPAPYD terhadap PPAPWD) tahun 2015-2018, rasio ini dalam kondisi tidak sehat. Faktor manajemen pada tahun 2015-2018, nilai ini termasuk dalam kondisi sehat. Faktor rentabilitas berdasarkan ROA pada tahun 2015-2018, sedangkan BOPO dinyatakan dalam kondisi sehat. Faktor Likuiditas berdasarkan cash rasio (CR) dinyatakan dalam kondisi sehat, sedangkan berdasarkan rasio loan deposit ratio (LDR) dinyatakan dalam kondisi sehat. Kedua, perkembangan tingkat kesehatan bank pada tahun 2015-2018, nilai tingkat kesehatan bank termasuk dalam kategori sehat karena nilai lebih dari 81.Abstract: This research is motivated by the problem that the measurement of bank soundness using the Capital, Asset, Management, Earning and Liquidity (CAMEL) methods is very important to assess financial performance and assess the development of PT. BPRS Mu'amalah Cilegon in 2015-2018. This study aims to determine the condition of the health of banks and to determine the development of the soundness of banks at PT. BPRS Mu’amalah Cilegon in 2015-2018. This study uses qualitative data. The data used are the Balance Sheet, Income Statement and Earning Assets Quality Report (KAP) of PT. BPRS Mu’amalah Cilegon during the 2015-2018 period. The results of this study indicate that: First, the level of bank health seen from the capital factor (CAR) in 2015-2018, this ratio is in the healthy category. The ratio of earning assets classified to earning assets (APYD to AP) in 2015-2016, respectively declared unhealthy, while in 2017-2018 declared healthy. While the ratio of allowance for possible losses on earning assets that have been formed against allowance for possible losses on earning assets (PPAPYD to PPAPWD) in 2015-2018, this ratio is in an unhealthy condition. Management factors in 2015-2018 were 99 points each, this value is included in a healthy condition. Profitability factors based on ROA in 2015-2018, while the BOPO ratio, were stated in good health. Liquidity factors based on cash ratios (CR) are stated in good health, whereas based on the loan deposit ratio (LDR) in a healthy condition. Second, the development of the soundness of banks, respectively, the value of bank soundness was included in the healthy category because the value was more than 81. 

Page 1 of 17 | Total Record : 165