Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Kematangan Emosi terhadap Agresivitas Verbal Siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi

Linsa Cristen Nia Ginting (Universitas Jambi)
Akmal Sutja (Universitas Jambi)
Freddi Sarman (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengukur pengaruh kematangan emosi siswa terhadap agresivitas verbal siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatiif dengan menggunakan metode expost facto. Jumlah siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini yakni 75 orang siswa yang terdiri dari kelas 7 sampai 9 dengan menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yakni instrumen angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kematangan emosi siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 67,9 % serta agresivitas verbal berada pada kategori yang tinggi yakni 69,4 %. Selanjutnya hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel kematangan emosi (X) terhadap agresivitas verbal siswa (Y) di SMP Negeri 22 Kota Jambi dengan persentase sebesar 30%. Berdasarkan hasil temuan tersebut disimpulkan bahwa kematangan emosi erat mempengaruhi agresivitas verbal siswa, dengan hal itu mampu dijadikan sebagai landasan untuk mengembangkan program-program bimbingan dan konseling terutama dalam pemberian layanan guna meningkatkan kematangan emosi serta menurunkan agresivitas verbal siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...