Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 5, No 2 (2022): Arfak Chem

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA ISLAM ATHIRAH BONE

Rapika Samsyu (Unknown)
Muhammad Danial (Unknown)
Muhammad Arsyad (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Islam Athirah Bone yang diajar dengan model discovery learning dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari minat belajar tinggi dan minat rendah. Desain penelitian adalah faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X. penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, dan terpilih kelas X Al Majid sebagai kelas eksperimen dan kelas Al Fattah sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis data inferensial.  Hasil pengujian hipotesis dengan uji -t pada taraf signifikan α =0,05, diperoleh nilai Sig 2-tailed =0,049 atau lebih kecil dari signifikansi 0,05.Jika ditinjau dari minat belajar tinggi, diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,012 < 0,05, Ditinjau dari minat belajar rendah, diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,897 > 0,05.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...