Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 2 No. 12 (2022)

Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbentuk Mind Mapping Berbantuan QR Code Materi ASEAN Kelas VI Sekolah Dasar

Niken Puspitasari (Universitas Negeri Malang)
Khusnul Khotimah (Universitas Negeri Malang)
Erif Ahdhianto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Abstract: The research aims to provide learning media in the form of a pocket book in the form of mind mapping assisted by a QR Code for ASEAN grade VI material for elementary schools that is valid and interesting. According to material experts, media experts and users for teachers after testing the validity and product attractiveness tests by students. The ADDIE model used in this development consists of analysis, design, development, implementation, evaluation. This development research obtained results of 90 percent material expert validation percentage, 90 percent media expert validation and user validation by teachers of 95.8 percent so that it was included in the very valid category. The results of the attractiveness test of the pocket book learning media in the form of mind mapping obtained a percentage of 98.1 percent which was stated to be very interesting. Then it was concluded that the pocket book learning media in the form of mind mapping assisted by QR Code material for ASEAN class VI elementary schools could be used with very valid and very interesting results. Abstrak: Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk membekali sekolah dasar kelas VI ASEAN dengan media pembelajaran yang menarik dan kredibel dalam bentuk buku saku yang dibuat menggunakan pemetaan pikiran dengan bantuan QR Code. Menurut ahli media materi dan para pengguna untuk guru setelah dilakukan uji validitas serta uji kemenarikan produk oleh siswa. Langkah-langkah analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi (ADDIE) diikuti secara runtun selama pengembangan proyek ini. Validasi ahli isi 90 persen, validasi ahli media 90 persen, dan validasi pengguna oleh guru 95,8 persen; hasil ini menempatkan penelitian dalam kategori sangat valid. Hasil dari uji minat yang menunjukkan seberapa menarik alat pembelajaran portabel berbasis mind mapping menunjukkan skor 98,1 persen, menunjukkan bahwa alat tersebut sangat menarik bagi calon pengguna. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: SD kelas VI ASEAN dapat mengambil manfaat yang besar dengan menggunakan media pembelajaran buku saku berupa mind mapping berbantuan materi QR Code.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...