Tanzhimuna
Vol 1 No 1 (2021): Manajemen Pendidikan Islam

Pelaksanaan Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Melalui Metode Demonstrasi Berbasis ICT

Dadun Mubarok (Unknown)
Syafe’i.R (Unknown)
Fathurrohman.A (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2021

Abstract

Hasil belajar peserta didik merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan, karena peserta didik menjadi tolak ukur kesuksesasan sebuah pembelajaran, hal ini disesbabkan karena beberapa hal, diantaranya yaitu guru kurang terampil dalam merancang metode dan model pembelajaran. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan evaluasi penggunaan dalam penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih di MTs Manba’ul Ulum Asshiddiqiyah 10 Cianjur. Bentuk penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada peserta didik kelas Kelas IX (Semnilan) MTs Manba’ul Ulum Ashiddiqiyah 10 Cianjur. Model siklus terdiri dari: perencanaan, pelakasanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas IX B sebanyak 20 peserta didik. Dalam penelitian ini terdapat 3 siklus yaitu: pra siklus, siklus I dan siklus II. Pengumpulan data melalui metode tes untuk mengukur ketercapaian KKM dalam mata pelajaran PAI pada materi Fikih. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pelaksanaan penggunakan metode demonstrasi berbasisi ICT dengan tahapan: pelaksanaan, pembagian kelompok, pada pra siklus menggunakan metode ceramah, siklus I menggunakan metode demosntrasi, siklus II menggunakan metode demosntrasi berbasis ICT.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tanzhimuna

Publisher

Subject

Education

Description

TANZHIMUNA : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, adalah jurnal berkala terbuka yang dikelola oleh Jurusan Manajemen Pendidikan Islam di STIT Buntet Pesantren Cirebon. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah terseleksi dengan frekuensi alarming 2 kali setahun yaitu bulan Juni dan Desember. Fokus ...