Jurnal Pengabdian Mandiri
Vol. 2 No. 1: Januari 2023

PELATIHAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BAGI PERANGKAT DESA JATI INDAH DI KECAMATAN JATI AGUNG

Melda Agarina (Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya)
Sutedi Sutedi (Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya)
Arman Suryadi Karim (Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya)
M.Royan Fauzi (Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2023

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan kepada para Perangkat Desa Jati Indah tentang pelatihan penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan kemampuan Perangkat Desa seperti Pelatihan Multimedia Interaktif dan Animasi sehingga membantu mendukung kemampuan dan pengetahuan mereka. Dalam pelaksanaan pengabdian ini diselesaikan dalam tiga tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan, pelaporan. Persiapan dilakukan dengan melakukan survey pendahuluan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan para peserta dalam aktifitas pelayanan bagi masyarakat. Pelaksanaan Pelatihan, menggunakan metode ceramah yaitu dengan teknik presentasi, dilanjutkan dengan praktik langsung dibantu oleh tim, disertai dengan tanya jawab dan latihan yang dilakukan para peserta pelatihan. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Jati Indah yang dihadiri sekitar kurang lebih 30 Perangkat desa. Pada tahap pelaporan dibuat setelah selesainya kegiatan pengabdian ini. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari selama 2 sesi pengabdian pada masyarakat, yaitu tanggal 25 – 27 Oktober 2022 dan tanggal 08 – 10 November 2022 mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB, bertempat di Desa Jati Indah. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan, para Perangkat Desa terlihat sangat antusias dalam mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh tim pengabdi untuk setiap materi yang disampaikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Mandiri and with printed version of ISSN:2809-8889 and the online version of ISSN:2809-8579 accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches that ...