Honai
Vol. 3 No. 2 (2021): Jurnal Honai : Studi Pendidikan, Sosial, Keagamaan, dan Administrasi Pemerintah

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MTs NURUL HUDA ARSO III KABUPATEN KEEROM

Nur Inayati (Balai Diklat Keagamaan Papua, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

This study aims to determine how the implementation of the curriculum 2013 in MTs Nurul Huda Arso III Keerom Regency. The research method used is a qualitative approach which is applied to the curriculum 2013 implementation process, with the main data sources taken from the head of the madrasa, deputy head of the curriculum, and teachers. The secondary data sources of this research are books on curriculum, parents, and society. The data collection process in this study used observation, interviews, and documentation techniques. The results showed that (1) the Head of Madrasah formed a curriculum review team consisting of various educators at MTs Nurul Huda Arso III, Keerom Regency. (2) Implementation of the Curriculum 2013 in MTs Nurul Huda Arso III, Keerom Regency has been implemented since the 2017/2018 school year. (3) Learning the curriculum 2013 in MTs Nurul Huda Arso III Keerom Regency uses 21st century learning models, scientific approaches, and authentic assessments. Keywords: Implementation, Curriculum ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 di MTs Nurul Huda Arso III Kabupaten Keerom. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang diterapkan pada proses implementasi kurikulum 2013, dengan sumber data utama yang diambil dari kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, dan guru. Sumber data sekunder dari penelitian ini adalah buku-buku tentang kurikulum, orang tua, dan masyarakat. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepala Madrasah membentuk tim peninjau kurikulum yang terdiri dari berbagai tenaga pendidik di MTs Nurul Huda Arso III Kabupaten Keerom. (2) Implementasi Kurikulum 2013 di MTs Nurul Huda Arso III Kabupaten Keerom telah dilaksanakan sejak tahun pelajaran 2017/2018. (3) Pembelajaran kurikulum 2013 di MTs Nurul Huda Arso III Kabupaten Keerom menggunakan model pembelajaran abad 21, pendekatan saintifik, dan penilaian autentik. Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Jurnal Honai menampilkan artikel dengan ruang lingkup yang beragam. Keragaman ruang lingkup yang meliputi aspek studi Pendidikan, sosial, keagamaan dan administrasi. Sebagai media pengembangan ilmu pengetahuan dari hasil penelitian dan gagasan ilmiah yang dilakukan widyaiswara, peneliti, dan praktik ...