cover
Contact Name
Surindi
Contact Email
rindi1912@gmail.com
Phone
+6285244649153
Journal Mail Official
honaibdkpapua@gmail.com
Editorial Address
Jl. Merah Putih Kompleks IAIN Fattahul Muluk Gedung LAB. Multimedia Lt. II Waena-Heram Kota Jayapura 99332,Email : bdkpapua@kemenag.go.id
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Honai
ISSN : 27151050     EISSN : 28076850     DOI : https://doi.org/10.47655/honai.v4i2
Jurnal Honai menampilkan artikel dengan ruang lingkup yang beragam. Keragaman ruang lingkup yang meliputi aspek studi Pendidikan, sosial, keagamaan dan administrasi. Sebagai media pengembangan ilmu pengetahuan dari hasil penelitian dan gagasan ilmiah yang dilakukan widyaiswara, peneliti, dan praktik pendidikan. Selain itu, tentunya tulisan ini dapat dijadikan salah satu referensi dalam penyelenggaraan pelatihan aparatur sipil negara.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 40 Documents
ASAS KONSELING PRANIKAH ISLAM : PERSPEKTIF ILMU SOSIAL PROFETIK Muhammad Ali Yunus; Athoillah Islamy
honai Vol. 3 No. 2 (2021): Jurnal Honai : Studi Pendidikan, Sosial, Keagamaan, dan Administrasi Pemerintah
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.341 KB) | DOI: 10.47655/honai.v3i2.34

Abstract

ABSTRACT This study intends to identify prophetic social values in Islamic premarital counseling principles for family life. This qualitative research is a literature review with a normative philosophical approach. The main data sources of the research used were the book of Bimbingan & Konseling Keluarga Perspektif Islam by Mahmudah and the book Dasar-dasar Konseptual Bimbingan & Konseling Islami by Thohari Musnamar. Meanwhile, secondary data used, namely various relevant scientific studies. The analytical theory used is the Prophetic Social Science paradigm that was initiated by Kuntowijoyo. The nature of this research approach is descriptive-analytic-prescriptive. The results of the study conclude that there are various prophetic social values in the three principles of Islamic premarital counseling. First, the principle of sakinah mawaddah wa rohmah as a humanization value, namely the importance of making the existence of married life a means to manifest various benefits for married life based on the teachings of amar ma'ruf. Second, the principle of communication and deliberation as liberation values, namely the importance of communication and deliberation in addressing problems in order to avoid various family conflicts based on the teachings of nahi munkar (preventing evil). Third, the principles of patience and trustworthiness as transcendence values, namely the importance of transcendent values of Islamic teachings as a paradigmatic basis in addressing problems or needs in family life with an attitude of patience and trust. Keywords : Counseling, Islamic premarital, prophetic social science ABSTRAK Penelitian ini bermaksud untuk mengidentifikasi nilai-nilai sosial profetik dalam asas konseling pranikah Islam bagi kehidupan keluarga. Penelitian kualitatif ini berupa kajian pustaka dengan pendekatan normatif filosofis. Sumber data utama penelitian yang digunakan yakni buku Bimbingan & Konseling Keluarga Perspektif Islam karya Mahmudah dan buku Dasar-dasar Konseptual Bimbingan & Konseling Islami karya Thohari Musnamar. Sementara itu, data sekunder yang digunakan, yakni pelbagai penelitian ilmiah yang relevan. Teori analisis yang digunakan yakni paradigma Ilmu Sosial Profetik yang dicetuskan oleh Kuntowijoyo. Adapun sifat pendekatan penelitian ini, yakni deskriptif-analitik-preskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat berbagai nilai sosial profetik dalam tiga asas konseling pranikah Islam. Pertama, asas sakinah mawaddah wa rohmah sebagai nilai humanisasi, yakni pentingnya menjadikan eksistensi kehidupan pernikahan sebagai sarana untuk mengejawantahkan pelbagai kemaslahatan bagi kehidupan pernikahan berlandaskan pada ajaran amar ma’ruf. Kedua, asas komunikasi dan musyawarah sebagai nilai liberasi, yakni pentingnya komunikasi dan musyawarah dalam menyikapi problem agar dapat menghindarkan pelbagai konflik keluarga dengan melandaskan ajaran nahi munkar (mencegah kemunkaran). Ketiga, asas sabar dan tawakal sebagai nilai transendensi, yakni pentingya nilai-nilai transendensi ajaran Islam sebagai landasan paradigmatik dalam menyikapi persoalan atau kebutuhan dalam kehidupan keluarga dengan sikap sabar dan tawakkal. Kata Kunci : Konseling, pranikah Islam, ilmu sosial profetik
OPTIMALISASI PERAN WIDYAISWARA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA PELATIHAN Joko Waluyo
honai Vol. 3 No. 2 (2021): Jurnal Honai : Studi Pendidikan, Sosial, Keagamaan, dan Administrasi Pemerintah
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.937 KB) | DOI: 10.47655/honai.v3i2.35

Abstract

ABSTRACT The purpose of this research is: 1) To find out how to improve the competence of training participants. 2) Optimizing the role of widyaiswara in improving the competency of training participants. The results of the study explained that: Improving the competence of training participants can be done by widyaiswara by (1) understanding the character and background of training participants, (2) mastering the substance of the material, (3) conveying the learning objectives to be achieved, (4) applying the learning methods that appropriate, (5) using appropriate learning media, (6) evaluating learning. Optimizing the role of widyaiswara in the learning process include (1) widyaiswara's role as a demonstrator, (2) widyaiswara's role as class manager, (3) widyaiswara's role as mediator and facilitator, and (4) widyaiswara's role as evaluator. Keywords : Widyaiswara, Competence, Training Participants ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui strategi widyaiswara meningkatkan kompetensi peserta pelatihan. 2) Mengoptimalkan peran widyaiswara dalam meningkatkan kompetensi peserta pelatihan. Hasil kajian menjelaskan bahwa : Startegi widyaiswara meningkatkan kompetensi peserta pelatihan dapat dilakukan dengan (1) memahami karakter dan latar belakang peserta pelatihan, (2) menguasai materi substansi, (3) menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai, (4) menerapkan metode pembelajaran yang tepat, (5) menggunakan media pembelajaran yang tepat, (6) melakukan evaluasi pembelajaran. Sedangkan optimalisasi peran widyaiswara dalam proses pembelajaran diantaranya (1) mengoptimalkan peran widyaiswara sebagai demonstrator, (2) mengoptimalkan peran widyaiswara sebaga pengelola kelas, (3) mengoptimalkan peran widyaiswara sebagai mediator dan fasilitator, dan (4) mengoptimalkan peran widyaiswara sebagai evaluator. Kata kunci : Widyaiswara,Kompetensi, Peserta pelatihan
KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI PELATIHAN JARAK JAUH PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN JAYAPURA Yotan Manga’pan
honai Vol. 3 No. 2 (2021): Jurnal Honai : Studi Pendidikan, Sosial, Keagamaan, dan Administrasi Pemerintah
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/honai.v3i2.36

Abstract

ABSTRACT This research is qualitative research with a descriptive method that aims to determine whether the teacher can develop a Learning Implementation Plan (RPP) through distance learning. This research was conducted at the Distance Learning Training for the Preparation of Learning Plans for Religious Education Teachers in Jayapura Regency. Data collection was carried out during the Covid-19 pandemic so that researchers conducted interviews by sending open interview guidelines via google form to key informants, as well as documentation methods. The results of the study show that teachers can develop Learning Implementation Plans (RPP) through distance learning. Keywords: Teacher Ability, Learning Implementation Plan, Distance Learning ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui apakah guru mampu dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui pelatihan jarak jauh. Penelitian ini dilaksanakan pada Pelatihan Jarak Jauh Penyusunan Rencana Pembelajaran bagi Guru Pendidikan Agama di Kabupaten Jayapura. Pengumpulan data dilakukan pada masa pandemic Covid-19 sehingga peneliti melakukan wawancara dengan cara mengirimkan pedoman wawancara terbuka melalui google form kepada informan kunci, serta metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mampu dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui pelatihan jarak jauh. Kata kunci: Kemampuan Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pelatihan jarak jauh.
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MTs NURUL HUDA ARSO III KABUPATEN KEEROM Nur Inayati
honai Vol. 3 No. 2 (2021): Jurnal Honai : Studi Pendidikan, Sosial, Keagamaan, dan Administrasi Pemerintah
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.946 KB) | DOI: 10.47655/honai.v3i2.37

Abstract

This study aims to determine how the implementation of the curriculum 2013 in MTs Nurul Huda Arso III Keerom Regency. The research method used is a qualitative approach which is applied to the curriculum 2013 implementation process, with the main data sources taken from the head of the madrasa, deputy head of the curriculum, and teachers. The secondary data sources of this research are books on curriculum, parents, and society. The data collection process in this study used observation, interviews, and documentation techniques. The results showed that (1) the Head of Madrasah formed a curriculum review team consisting of various educators at MTs Nurul Huda Arso III, Keerom Regency. (2) Implementation of the Curriculum 2013 in MTs Nurul Huda Arso III, Keerom Regency has been implemented since the 2017/2018 school year. (3) Learning the curriculum 2013 in MTs Nurul Huda Arso III Keerom Regency uses 21st century learning models, scientific approaches, and authentic assessments. Keywords: Implementation, Curriculum ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 di MTs Nurul Huda Arso III Kabupaten Keerom. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang diterapkan pada proses implementasi kurikulum 2013, dengan sumber data utama yang diambil dari kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, dan guru. Sumber data sekunder dari penelitian ini adalah buku-buku tentang kurikulum, orang tua, dan masyarakat. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepala Madrasah membentuk tim peninjau kurikulum yang terdiri dari berbagai tenaga pendidik di MTs Nurul Huda Arso III Kabupaten Keerom. (2) Implementasi Kurikulum 2013 di MTs Nurul Huda Arso III Kabupaten Keerom telah dilaksanakan sejak tahun pelajaran 2017/2018. (3) Pembelajaran kurikulum 2013 di MTs Nurul Huda Arso III Kabupaten Keerom menggunakan model pembelajaran abad 21, pendekatan saintifik, dan penilaian autentik. Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII IPA MA DDI ENTROP KOTA JAYAPURA Ana Wijaya
honai Vol. 3 No. 2 (2021): Jurnal Honai : Studi Pendidikan, Sosial, Keagamaan, dan Administrasi Pemerintah
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.777 KB) | DOI: 10.47655/honai.v3i2.38

Abstract

ABSTRACT The purpose of the Classroom Action Research is to determine how the effectiveness of the Application of Demonstration Methods in Learning Colloidal Materials Chemistry can improve student learning outcomes in twelve class natural science MA DDI Entrop Jayapura. The research is classroom action research. The results of studies are: The effectiveness of applying the demonstration method in learning colloidal chemistry can improve learning outcomes. The results obtained from this study indicate that the effectiveness of the application demonstration method can improve student learning outcomes. Before applying the demonstration method, the students learning outcomes of twelve class natural science MA DDI Entrop Jayapura an average score of 61.20 in cycle I and cycle II increased to 83.00 where the average score shows that the effectiveness of the implementation of the demonstration method is quite effective with an N-gain Score of 56.19. Keywords: effectiveness, demonstration method, learning outcomes ABSTRAK Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui efektivitas Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Kimia Materi Koloid. Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran kimia diharapkan dapat membangun pemahaman peserta didik sendiri melalui pengalaman-pengalaman belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XII IPA DDI Entrop Jayapura. Penelitian merupakan Penilitian Tindakan kelas. Dengan hasil peneliti yaitu: Efektifitas penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran kimia materi koloid dapat meningkatkan hasil belajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa efektifitas penerapan metode demonstrasi, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sebelum menerapkan metode demonstrasi, hasil belajar peserta didik kelas XII IPA DDI Entrop Jayapura dengan rata-rata skor, 61,20 pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,00. Dimana dari rata skor tersebut menunjukan bahwa efektifitas penerapan metode demonstrasi cukup efektif dengan N-gain Score 56,19. Kata Kunci: efektivitas, metode demonstrasi, kimia dan hasil belajar
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING AND LEARNING PADA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MTs MUHAMMADIYAH JAYAPURA Desvita Astari Djamion
honai Vol. 3 No. 2 (2021): Jurnal Honai : Studi Pendidikan, Sosial, Keagamaan, dan Administrasi Pemerintah
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1412.31 KB) | DOI: 10.47655/honai.v3i2.39

Abstract

ABSTRACT This study aimed to increase the interest and learning outcomes of class IX B students in Dynamic Electricity material through the application of the Quantum teaching and learning model. This research is action research. Based on observations, it turns out that student learning outcomes on dynamic electricity are quite satisfactory. The problem raised in this study is whether applying the Quantum teaching, and learning model can improve student learning outcomes of Islamic junior high school of Muhammadiyah Jayapura class IX B on Dynamic Electricity material. Based on the test results in Cycle I and Cycle II, the students' mastery percentage in the first cycle was 61.90%, and the second cycle was 85.71%. The average percentage on the interest observation sheet in the first cycle is 65.65%, and the second cycle is 77.62%. The observation sheets for Quantum teaching and learning in cycle I was 66.65%, and Cycle II was 79.98%. Thus, the study results through the application of the Quantum teaching and learning model in the science subjects of dynamic electricity material can increase the interest and learning outcomes of students of Islamic junior high school of Muhammadiyah Jayapura class IX B in the even semester in the academic year 2020/2021. Keywords: Dynamic Electricity, Learning Model, Quantum teaching and learning ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IX pada materi Listrik Dnamis melalui penerapan model pembelajaran Quantum teaching and learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research). Berdasarkan hasil pengamatan, ternyata hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis cukup memuaskan. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah Apakah penerapan model Quantum teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa MTs Muhammadiyah Jayapura kelas IX pada materi Listrik Dinamis. Berdasarkan hasil test Siklus I dan Siklus II, maka presetase ketuntasan siswa pada siklus I adalah 61,90 % dan siklus II adalah 85,71 %. Rata-rata persentase pada lembar observasi minat siklus I adalah 65,65 % da siklus II adalah 77,62 %. Persentase lembar observasi tindakan Quantum teaching and learning Siklus I adalah 66,65 % dan siklus II adalah 79,98 %. Dengan demikian maka hasil penelitian melalui penerapan model pembelajaran Quantum teaching and learning pada mata pelajaran IPA materi listrik dinamis dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa MTs Muhammadiyah Jayapura kelas IX semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci : Listrik Dinamis, Model Pembelajaran , Quantum teaching and learning
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI Q.S. AL-HUJURAT: 10 DAN 12 SISWA KELAS X IPA 3 SMA NEGERI 2 JAYAPURA PAPUA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Hirawati A. Nusa
honai Vol. 3 No. 2 (2021): Jurnal Honai : Studi Pendidikan, Sosial, Keagamaan, dan Administrasi Pemerintah
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.373 KB) | DOI: 10.47655/honai.v3i2.40

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the activity and learning outcomes of the Q.S. Al-Hujurat: 10 and 12 students of class X IPA.3 SMA Negeri 2 Jayapura through the Discovery learning model. The research method used is descriptive qualitative to obtain data and analysis through observation, reflection, participation, and collaboration studies, development is based on data and information from students, which is set through two stages of the classroom action research cycle. The results showed that the activeness of students in learning increased, which was in the first cycle of the first meeting the level of activity was 40.14%, then increased again at the second meeting to 46.14%. In the second cycle the activity increased according to the target, where at the first meeting it became 76.57% and the second meeting became 88%. In addition, before the study the average value of Islamic religious education subjects in class X IPA 3 SMA Negeri 2 Jayapura was still below the KKM average of 57.30, then the average value of the first cycle became 72.31 and the second cycle became 82, 63. This indicates that the activeness of students in learning is very important for increasing learning outcomes, so that it can arise in students to be the best in the class. Keywords: Student Activity, Learning Outcomes, Discovery Learning ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar materi Q.S. Al-Hujurat: 10 dan 12 siswa kelas X IPA.3 SMA Negeri 2 Jayapura melalui model Discovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mendapatkan data dan analisa melalui kajian pengamatan, refleksi, partisipasi, dan kolaborasi, pengembangan didasarkan pada data dan informasi dari siswa, yang disetting melalui dua tahapan siklus penelitian tindakan dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan peserta didik dalam pembelajaran meningkat, yang tadinya pada siklus I pertemuan pertama tingkat keaktifan 40,14 %, kemudian meningkat lagi pada pertemuan 2 menjadi 46,14 %. Pada siklus II keaktifannya meningkat sesuai target, di mana pada pertemuan 1 menjadi 76,57 % dan pertemuan 2 menjadi 88 %. Selain itu, sebelum penelitian nilai rata-rata mata pelajaran pendidikan agama islam kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Jayapura masih berada dibawah KKM rata-rata 57,30, kemudian nilai rata-rata siklus I menjadi 72,31 dan siklus II menjadi 82,63. Hal ini mengindikasikan bahwa keaktifan peserta didik dalam pembelajaran sangatlah penting bagi meningkatnya hasil belajar, sehingga dapat timbul dalam diri peserta didik agar menjadi yang terbaik di dalam kelas. Kata Kunci : Keaktifan siswa, Hasil Belajar, Discovery Learning
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG SEMANGAT MENUNTUT ILMU DAN MENGAMALKANNYA MELALUI MEDIA FILM RELIGI PADA SISWA KELAS X.IPS SMA NEGERI 2 SKANTO TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Masulita Karmila
honai Vol. 3 No. 2 (2021): Jurnal Honai : Studi Pendidikan, Sosial, Keagamaan, dan Administrasi Pemerintah
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.848 KB) | DOI: 10.47655/honai.v3i2.41

Abstract

ABSTRACT Based on the explanation of the study problems, the researchers are interested in conducting a research entitled "The Use of Religious Film Media in Improving Students' Understanding of the Spirit looking for a science and Practicing It in the ten grade students in social science class state senior high school 2 Skanto in the academic year 2019/2020." The student learning outcomes continue to increase from pre-cycle to cycle 2. In the pre-cycle, the number of students who have completed learning is only 36%. Then in cycle 1, the number of students who finished studying was 63%. In cycle two, the number of students who finished studying was 89%. So the researchers made conclusions from the results of research conducted in the ten grade students in social science class at state senior high school 2 Skanto in the academic year 2019/2020, namely: applying of religious film media in increasing students' understanding of the spirit of studying and practicing it for the ten grade students in social science class at state senior high school 2 Skanto in the academic year 2019/2020 has been right on target and has been successfully implemented. Keywords: Improving, Understanding, Religious Film Media. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman tentang semangat menuntut ilmu dan mengamalkannya melalui penggunaan media film religi pada siswa Kelas X.IPS SMA Negeri 2 Skanto Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan siklus penelitian. Setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan dengan tahapan pelaksanaan tindakan meliputi empat Langkah (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) Pengamatan; (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 36%, pada siklus 1 jumlah siswa yang tuntas belajar 63%, dan pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas belajar 89 %. Maka peneliti membuat kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan di Kelas X.IPS SMA Negeri 2 Skanto Tahun Pelajaran 2019/2020, yaitu: penggunaan media film religi dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang semangat menuntut ilmu dan mengamalkannya pada siswa kelas X.IPS SMA Negeri 2 Skanto Tahun Pelajaran 2019/2020 telah tepat sasaran dan berhasil dilaksanakan. Kata kunci : Meningkatkan, Pemahaman, Media Film Religi.
ANALISIS MASLAHAT DAN MAFSADAT PERISTIWA NIKAH SIRRI DI KABUPATEN MERAUKE majianto maji
honai Vol. 4 No. 1 (2022): Honai BDK Papua
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.542 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Keberadaan praktik nikah sirri di Kabupaten Merauke. (2)  Maslahat dan mafsadatnya praktik nikah sirri di Merauke. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan tokoh agama dan para pelaku nikah sirri langsung. Pengolahan data dilakukan secara sistematis untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyimpulkan data untuk mencari jawaban atas permasalahan yang dihadapi. Hasil penelitian meunjukkan bahwa (1) praktik nikah sirri di Kabupaten Merauke banyak terjadi dikalangan masyarakat karena fasilitator atau modin memberikan penjelasan kepada masyarakat nikah sirri dilakukan dalam upaya mencegah kemaksiatan ditengah masyarakat. (2) Praktik nikah sirri lebih banyak mafsadatnya dari pada maslahatnya karena tidak tercatat secara resmi di Kantor Urusan Agama (KUA), secara administrasi kependudukan tidak dapat pengakuan dari Pemerintah, lebih rentan terjadinya perselisihan diantara pasangan yang tidak bisa diselesaikan melalui hukum positif pernikahan. Salah satu upaya penyelesainnya adalah dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat secara luas tentang dampak mafsadat hukumnya dibelakang hari secara baik dan tersistem.
A ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUNJUNGAN WISATAWAN DI PANTAI BASE-G KOTA JAYAPURA: Analisis Faktor-Faktor yang mempengarufi Wisatawan Bustanil Arifin; Joko Waluyo
honai Vol. 4 No. 1 (2022): Honai BDK Papua
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.252 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh biaya perjalanan ke obyek wisata terhadap jumlah kunjungan wisatawan pantai Base-G di Kota Jayapura; 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lama perjalanan terhadap jumlah kunjungan wisatawan Base-G di Kota Jayapura; 3) Untuk mengetahui factor yang paling berpengaruh terhadap jumlah kunjungan wisatawan Base-G di Kota Jayapura. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan Pantai Base-G Kota Jayapura dalam satu waktu. Dalam penentuan jumlah sampel juga memerlukan beberapa pertimbangan. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan Simple random sampling. Analisis ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas yaitu: biaya perjalanan dan lama perjalanan terhadap variabel terikatnya yaitu kunjungan wisatawan. Dari hasil analisis dan pembahasan menunjukkan thitung untuk biaya perjalanan sebesar 0,186. Besarnya ttabel pada α = 0,05 adalah sebesar 1,729. Besarnya thitung untuk biaya perjalanan sebesar 0,186 < dari ttabel 1,729 dengan angka signifikan sebesar 0,855 > 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara parsial biaya perjalanan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap jumlah kunjungan di Pantai Base-G Kota Jayapura. Lama perjalanan (X2) memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan. Hasil ini dapat dilihat pada uji t yang memiliki t hitung = -0,699 < dari ttabel 1,729 dengan angka signifikansi 0,495. fasilitas (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan. Hasil ini dapat dilihat pada uji t yang memiliki t hitung = 2,192 > dari ttabel 1,729 dengan angka signifikansi 0,041. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah kunjungan di pantai Base-G Kota Jayapura.

Page 1 of 4 | Total Record : 40