Honai
Vol. 4 No. 2 (2022): Honai BDK Papua

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SAKRAMEN PERJAMUAN KUDUS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA JAYAPURA TAHUN 2019/2020

Juliana Kocu (a:1:{s:5:"en_US"
s:21:"SMP Negeri 5 Jayapura"
})



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar afektif, psikomotorik dan kognitif materi Sakramen Perjamuan Kudus bagi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jayapura semester 2 Tahun 2019/2020 melalui metode demonstrasi. Metode penelitian tindakan kelas menggunakan subyek adalah siswa Kristen kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jayapura tahun ajaran 2019/2020. Dari penelitian didapatkan peningkatan hasil belajar afektif dari 14,1% menjadi 92,4%. Pada hasil belajar psikomotorik siklus kedua mencapai 85,3%, yang berarti ada peningkatan sebesar 0,3% di atas indikator pencapaian 85%. Peningkatan hasil belajar kognitif pada siklus kedua mendapatkan hasil sebanyak 15 peserta didik (88,2%) tuntas. Ketuntasan ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus kedua dengan menggunakan metode demonstrasi dinyatakan berhasil. Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan penggunaan metode demonstrasi untuk mengajarkan materi Sakramen Perjamuan Kudus.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Jurnal Honai menampilkan artikel dengan ruang lingkup yang beragam. Keragaman ruang lingkup yang meliputi aspek studi Pendidikan, sosial, keagamaan dan administrasi. Sebagai media pengembangan ilmu pengetahuan dari hasil penelitian dan gagasan ilmiah yang dilakukan widyaiswara, peneliti, dan praktik ...