Honai
Vol. 4 No. 2 (2022): Honai BDK Papua

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI YESUS MENDERITA, WAFAT, DAN BANGKIT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING SISWA KELAS V SD NEGERI WASUR II MERAUKE

Maria Kordia (a:1:{s:5:"en_US"
s:25:"SD Negeri 2 Wasur Merauke"
})



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil belajar materi Yesus menderita, wafat dan bangkit melalui model pembelajaran role playing siswa kelas V SD NEGERI WASUR II . 2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Role Playing Siswa Kelas V SD NEGERI WASUR II. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V SD NEGERI WASUR II. 2) Hasil rata-rata observasi pada pembelajaran siswa dengan role playing mendapat skor rata-rata keseluruhan aspek pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,67, meningkat pada siklus II menjadi 3,75, dan pada siklus III diperoleh nilai 3,96 menunjukan peningkatan 0,3 poin dan meningkat signifikan. 3) Hasil tes di atas menunjukan rata-rata kemampuan siswa dari tes materi “Yesus menderita,wafat,dan bangkit”. Hasil tes siklus I mendapatkan nilai 83,33 dengan ketuntasan 50%, siklus II mendapat nilai rata-rata 90 dengan ketuntasan 100%, siklus III mendapat nilai rata-rata 96,67 dengan ketuntasan 100%. Menunjukan peningkatan 13,34 poin jika dibandingkan siklus I dan 26,67 jika dibandingkan dengan pra Tindakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Jurnal Honai menampilkan artikel dengan ruang lingkup yang beragam. Keragaman ruang lingkup yang meliputi aspek studi Pendidikan, sosial, keagamaan dan administrasi. Sebagai media pengembangan ilmu pengetahuan dari hasil penelitian dan gagasan ilmiah yang dilakukan widyaiswara, peneliti, dan praktik ...