Honai
Vol. 4 No. 2 (2022): Honai BDK Papua

MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATERI DOA TOBAT MELALUI METODE PENUGASAN PADA SISWA KELAS III SD INPRES MELAM HILI SENTANI

Isidorus Jehalu (a:1:{s:5:"en_US"
s:28:"SD INPRES MELAM HILI SENTANI"
})



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mengungkapkan doa tobat. Jenis metode penelitian ini adalah metode observasi dan penugasan, dimana peneliti melakukan pengamatan sebanyak dua kali yaitu pada siklus pertama dan siklus kedua dengan mengamati persiapan siswa secara keseluruhan dan memberi penugasan guna melatih keaktifan siswa. Pada pelaksanaan penelitian ini jumlah siswa kelas III yang beragama katolik ada 6 orang. Peneliti sendiri bertindak sebagai pengajar, dan dibantu oleh dua pembimbing. Dengan demikian dari hasil observasi dapat melihat bahwa siswa belum seutuhnya dapat melakukan doa tobat dengan benar, dan karena adanya penugasan yang diberikan dapat melatih siswa untuk lebih aktif. Pembelajaran dengan penugasan secara khusus pada materi doa tobat, terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa. hal ini ditandai oleh terjadinya peningkatan nilai siswa dan juga ketuntasan belajar dari  siklus I ke siklus II dengan 50%  menjadi 100%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Jurnal Honai menampilkan artikel dengan ruang lingkup yang beragam. Keragaman ruang lingkup yang meliputi aspek studi Pendidikan, sosial, keagamaan dan administrasi. Sebagai media pengembangan ilmu pengetahuan dari hasil penelitian dan gagasan ilmiah yang dilakukan widyaiswara, peneliti, dan praktik ...