Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 17 No 1 (2019)

STRATEGI PERUBAHAN KONSEPTUAL DENGAN BIMBINGAN SUPERVISI KLINIS MAHASISWA PPL PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 3 TABANAN

Ida Bagus Anom Sutanaya (Author)
I Wayan Nayun (Unknown)
I Wayan Sudiarta (Unknown)
Gede Ngurah Oka Diputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2019

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini pada Bulan Agustus sampai dengan Bulan November 2018 bertujuan untuk: 1. meningkatkan pemahaman materi yang diajar mahasiswa; 2. meningkatkan keterampilan mengajar mahasiswa; 3. menghasilkan pola bimbingan PPL yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa PPL. Penelitian ini menggunakan subjek mahasiswa PPL prodi Matematika yang melaksanakan PPL di SMP Negeri 3 Tabanan yang berjumlah 9 Orang. Penelitian ini menghimpun data : penguasaan Materi Sistem Persamaan Liner Dua Variabel yang diajar mahasiswa, keterampilan mengajar, dan respon siswa terhadap penampilan mahasiswa PPL. Data penguasaan materi ajar dan ketrampilan mengajar dikumpulkan melalui observasi guru pamong dan dosen pembimbing, sedangkan data respon siswa dikumpulkan dengan kuesioner dan ditelusuri dengan wawacara. Data di analisis secara deskriptif-kualitatif. Dari analisis data yang dilakukan disimpulkan 1) Penguasaan materi ajar yang diajarkan mahasiswa mengalami peningkatan, Siklus I dengan rerata 67,11 (katagori cukup), siklus II rerata 73,33 (katagori baik), dan siklus III rerata 83,22 (katagori baik); 2) keterampilan mengajar mahasiswa mengalami peningkatan, siklus I rerata 63,70 (katagori cukup), siklus II rerata 75,60 (katagori baik), suklus III reratanya 83,44 (katagori baik); dan 3) respon siswa terhadap penampilan mahasiswa PPL dalam mengajar positif, karena gairah belajar siswa terhadap pelajaran matematika lebih baik dibandingkan sebelumnya 87% siswa termotivasi untuk belajar matematika. Dengan temuan ini diharapkan kepada Ketua BPLK IKIP Saraswati agar mahasiswa PPL menerapkan inovasi pembelajaran dan sekaligus menerapkan pendekatan bimbingan klinis dalam membimbing mahasiswa.

Copyrights © 2019