Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 20 No 1 (2022): SULUH PENDIDIKAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH (Studi Evaluatif Terhadap hasil-hasil Penelitian Mahasiswa)

I Made Yasna (IKIP Saraswati)
Anak Agung Purwa Antara (Unknown)
I Wayan Nayun (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Dalam penyelesaian tugas akhir, mahasiswa program studi pendidikan matematika Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saraswati lebih banyak memilih penelitian tindakan kelas. Hal ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan diri mereka untuk menjadi guru profesional. Guru Profesional adalah guru yang mampu bekerja dengan cepat, tepat, beretika sesuai dengan latar belakang pendidikannya dan memperoleh penghasilan dari pekerjaannya itu. Salah satu bidang kegiatan guru untuk mengembangkan profesionalismenya adalah melakukan kegiatan penelitian sederhana di bidang pendidikan. Penelitian tersebut dapat berupa penelitian deskriptif, penelitian eksperimen, atau penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu jenis penelitian yang dapat dilakukan seorang guru di kelasnya untuk menemukan kelemahan dan kendala dalam proses belajar mengajarnya, dan dengan penuh kesadaran mau memperbaikinya untuk meningkatkan proses dan prestasi belajar siswa. Karakteristik penelitian tindakan kelas antara lain : permasalahan yang akan dicarikan solusinya berasal dari persoalan nyata dalam proses pembelajaran sehari-hari di kelas, berskala mikro, hasil temuan tidak untuk digeneralisasikan, bersifat kontekstual, dan rancangan penelitiannya berupa siklus

Copyrights © 2022