Kepala sekolah memiliki peranan penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Kualitas suatu lembaga tergantung pada kepala sekola sebagai pemimpinnya. Maka kepala sekolah yang bertugas dapat memberikan bimbingan dan pengawassan kepada setiap guru yang bertugas dalam bidangnya masing-masing. Untuk menjalankan tugasnya dalam mengembangkan profesionalisme guru dan dapat mengembangkan kualitas pembelajaran yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dan analisis yang bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MI Daarunnajah Nyamplungsari dan upaya apa saja yang dilakukan kepala sekolah dalam proses pengembangan profesionalisme guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MI Daarunnajah Nyamplungsari dilakukan melalui beberapa hal diantaranya kepala sekolah berperan sebagai educator, manajer, administrator, supervisor dan motivator. Sedangkan kondisi guru di MI Daarunnajah cukup bagus, serta selalu mengikuti berbagai pelatihan dan workshop. Adapun faktor pendukung kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalisme guru adalah adanya faktor dukungan dari latar belakang pendidikan guru yang baik dan kerjasama antar guru. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya sarana prasarana, serta tingkat kepedulian orang tua pada peserta didik.
Copyrights © 2021