Al -Athfal
Vol 3 No 1 (2022): Edisi Juni 2022

IMPLEMENTASI METODE STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN LOOSE PARTS

Aisah Yuliasri (Tk Muslimat Salafiyah Karangtengah Warungpring Pml)
Asrul Faruq (STIT Pemalang)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Pendidikan bagi anak usia dini adalah pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan pada anak. Anak-anak usia dini perlu dipersiapkan masa depannya untuk dunia yang tidak dapat diprediksi. Peneraparan pembelajaran yang berbasis pada pendekatan STEAM, yaitu sain, tehnologi, engineering/tehnik, art/seni, dan matematika dengan menggunakan bahan loose part. Sebuah pembelajaran yang mengembangkan kemampuan imajinatif anak dalam menganalisis sebuah gejala melalui pendekatan ilmiah. Pendekatan yang akan membawa dampak positif yang besar bagi perkembangan anak sehingga mampu menemukan penyelesaian masalah dan berfikir kritis. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif berjenis deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi metode STEAM (science, technology, engineering, art, mathematics) dengan bahan loose part dapat mengembangkan imajinasi anak kelompok B1 di TK Muslimat Salafiyah Karangtengah berjalan dengan baik dan dijalankan sesuai tahap perencanaan. Pencapaian-pencapaian sesuai RKH sudah bisa diterima guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, serta hasil kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode STEAM berbahan loose parts ini mempengaruhi perkembangan imajinasi anak. 2) Kelebihan dari metode STEAM berbahan loose parts adalah hanya dengan menggunakan bahan yang mudah di dapat dari lingkungan sekitar namun mampu mengembangkan imajinasi, pola pikir serta aspek perkembangan anak. 3) Kekurangan dari metode STEAM berbahan loose parts adalah kurangnya pemahaman orangtua tentang metode pembelajaran ini, serta dibutuhkan tempat khusus untuk menyimpannya juga dibutuhkan banyak ragam main dan ruangan yang luas untuk anak dapat mengeksplornya dengan baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-athfal

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Al-Athfal adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan dan pengembangan guru khususnya Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam ...