Jurnal Ilmiah Ibtida; Jurnal Prodi PGMI STIT Pemalang
Vol 2 No 1 (2021): EDISI FEBRUARI 2021

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SISWA KELAS V MI NU 01 KERTASARI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TAHUN AJARAN 2019/2020

Lulu’ Aripatus Solichah (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang)
Khilyatunnisa (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang)
Srifariyati (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang)
Niken Rahmawati (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di MI NU 01 Kertasari ternyata tidaklah mudah.. Adanya anggapan bahwa aqidah akhlak adalah pelajaran yang hanya dihafal, ini membuat peserta didik menjadi statis kurang berhasil. Problematika ini harus dicarikan solusinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui untuk mengetahui problematika pembelajaran aqidah akhlak dikelas V MI NU 01 Kertasari dan tindakan atau solusi yang harus dilakukan oleh MI NU 01 Kertasari dalam rangka mengefektifkan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MI NU 01 Kertasari, yang beralamat di Jalan Raya Kertasari - Warureja. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai Oktober 2020. Sumber data primer nya adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 38, dan guru mata pelajaran aqidah akhlak. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini berupa dokumentasi data siswa, data guru, data sekolah seperti dan lain sebagainya. Tehnik pengumpulan data melalui observasi berperanserta (participant observation), wawancara mendalam (in depth interview) dan dokumentasi. Dari penelitian ini ditemukan bahwa , dalam pelaksannan pembelajaran aqidah akhlak di kelas V MI NU 01 Kertasari munncul bebrapa probematika meliputi, problematka yang berhubungan dengan guru, problematika yang berhubungan dengan siswa, dan problematika yang berhubungan dengan sarana dan prasarana. Dalam menghadapi problematika tersebut MI NU 01 Kertasari melakukan langkah-langkah dengan menggunakan dan memodifikasi metode mengajar yang tepat dan disesuaikan dengan gaya belajar (learning style) masing-masing siswa, cara lain dilakukan dengan cara membentuk kelompok dalam belajar, mencari bahan bandingan sebagai sumber pembelajaran dan pengembangan materi sedemikian rupa, berusaha semaksimal mungkin memperbaiki proses pembelajaran dengan memberikan pengertian terhadap siswa baik dari sisi materi pendidikan maupun sisi keteladanan, melakukan koordinasi dan menyamakan visi dalam pendidikan ahlak antar madrasah, keluarga dan masyarakat sekitar, dan menjalin kekompakan diantara para guru dibawah koordinasi kepala madrasah., memberikan sanksi berupa kredit poin bagi siswa yang melanggarnya, mensosialisasikan arti disiplin dan pentingnya mematuhi peraturan madrasah baik di dalam kelas maupun di luar, serta mengarahkan untuk menghindari lingkugan pergaulan yang kurang baik dan berusaha memilih teman yang baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ibtida

Publisher

Subject

Education

Description

Ibtida adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan dan pengembangan guru khususnya pada jenjang MI/SD. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat ...