Jurnal Edugenesis
Vol 3 No 1 (2021): Vol. 3 No. 1 Mei 2021

pengaruh PENGARUH PENGGUNAAN PENUNTUN PRAKTIKUM MORFOLOGI TUMBUHAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI IPTS PADANGSIDIMPUAN

rosniati siregar (institut pendidikan tapanuli selatan)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan penuntun praktikum morfologi tumbuhan berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi ipts padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Pendekatan yang digunakan metode kualitatif dengan sampel 24 siswa dan diambil dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan tes.Teknik analisis data berupa analisis deskriptif. Hasil test belajar mahasiswa dari 24 orang mahasiswa diperoleh 100% lulus. Dimana 7 mahasiswa dengan kategori nilai sangat baik dan 17 mahasiswa dengan kategori nilai baik. Dengan nilai rata- rata 85,03% dengan kategori baik. Ini menunjukkan bahwa penuntun praktikum morfologi tumbuhan berorientasi inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

BIOESA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

JURNAL EDUGENESIS merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) dengan tujuan sebagai sarana publikasi hasil penelitian original yang terkait ...