Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Vol 7, No 4 (2022): NOVEMBER 2022

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE PADA MATA KULIAH BUSANA WANITA II PROGRAM STUDI PKK FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Irma Fitri Melinia (Unknown)
Fadhilah . (Unknown)
Rosmala Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

Modul elektronik atau modul berbasis Smartphone di sebut juga dengan e-modul adalah salah satu media cetak pembelajaran yang disajikan dan dibaca secara elektronik pada gadget atau perangkat lainnya. Modul ini didesain sesuai dengan penyusunan E-modul berbasis Smartphone agar mahasiswa dapat belajar dimanapun dan kapanpun yang diinginkan oleh mahasiswa. penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau reasearch and developmen (R and D) dengan model pengembangan Procedural yang memiliki 3 tahap pengembangan, (1) Planning (Perencanaan), (2) Design (desain), dan (3) Development (pengembangan).  Pada tahap perencanaan menganalisis kebutuhan modul serta mahasiswa dan isi materi menggunakan kontrak kuliah sebagai pedoman penyusunan dengan kompetensi dasar dan kompetensi inti. Tahap design melakukan perencanaan pembuatan modul pembelajaran dengan membuat pembuatan desain sampul, daftar isi, petunjuk penggunaan modul, tujuan modul, tujuan yang diharapkan setelah mempelajari modul, peta konsep modul, sampul halaman setiap bab, uraian materi sesuai kontrak kuliah serta KI dan KD, rangkuman, soal latihan, evaluasi, kunci jawaban, glosarium, daftar pustaka, dan kriteria pindah modul. Tahap pengembangan Melakukan pembuatan softcopy modul ini dimasukkan dalam sebuah APK Scribd serta melalukan validasi kepada ahli materi, ahli media dan mahasiswa dan melakukan evaluasi yang diberikan oleh validator. Modul divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan uji coba kepada mahasiswa angkatan 2020 semester berjumlah 10 mahasiswa. Angket yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan  skala pengukuran, yaitu skala Likert. Hasil penelitian meninjukkan hasil yang memuaskan, berdasarkan uji ahli media dengan presentase 80,3% dan dengan kriteria Valid / Tidak Perlu Revisi. Berdasarkan uji ahli materi dengan persentase 91% dan dengan kriteria Sangat Valid / Tidak Perlu Revisi dan hasil tanggapan mahasiswa terhadap E-Modul dengan persentase 89% dan dengan kriteria Sangat Valid / Tidak Perlu Revisi. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis  Smartphone layak digunakan oleh mahasiswa serta dosen pengampu mata kuliah busana wanita II PKK FKIP Universitas Syiah Kuala.Kata Kunci : Pengembangan, Modul Pembelajaran, E-Modul, Smartphone.

Copyrights © 2022