Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIIIA MTs 45 Gianyar melalui strategi pembelajaran kontekstual; (2) untuk mengetahui langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIIIA MTs 45; (3) mengetahui tanggapan siswa kelas VIIIA MTs 45 setelah diterapkannya strategi pembelajaran kontekstual dalam menulis puisi. Penelitian ini menggunakan PTK yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIID SMP N 1 Susut, dengan objek kemampuan menulis puisi. Penelitian ini menggunakan tiga jenis metode pengumpulan data, yaitu (1) observasi, (2) tes, dan (3) kuesioner. Hasil penelitian ini berupa kemampuan menulis puisi siswa kelas VIIIA MTs 45 Gianyar pada data awal dengan rata-rata 58 yang termasuk ke dalam kategori cukup dengan daya serap sebesar 58% dan ketuntasan klasikal sebesar 19% dan pada siklus I dengan rata-rata sebesar 63,42 yang termasuk ke dalam kategori cukup dengan daya serap sebesar 63% sedangkan ketuntasan klasikal sebesar 27% dari 7 orang siswa yang tuntas pada siklus I. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,92 yang termasuk klasifikasi baik dengan daya serap 73% dan ketuntasan klasikal sebesar 88% dari 23 siswa yang tuntas. Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,42 dari siklus data awal ke siklus I dan peningkatan 9,5 dari siklus I ke siklus II
Copyrights © 2021