cover
Contact Name
Ni Wayan Sri Darmayanti
Contact Email
wyndarmayanti@gmail.com
Phone
+62366-5501125
Journal Mail Official
deiksisjurnalpendidikan@gmail.com
Editorial Address
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ITP Markandeya Bali Jln. Muhamad Hatta, LC Subak Aya, Bangli, Bali
Location
Kab. bangli,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan DEIKSIS
ISSN : 26558246     EISSN : 27983730     DOI : -
Jurnal Pendidikan Deiksis merupakan media publikasi dari hasil penelitian dengan focus dan scope pada penelitian tentang bahasa, sastra, dan pendidikan bahasa dan sastra di Indonesia. Penggunaan Deiksis sebagai nama jurnal ilmiah diilhami dari istilah deiksis dalam ilmu linguistik yang berarti acuan.
Articles 36 Documents
Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Bangsa di STMIK Stikom Bali Ni Putu Desy Damayanthi
Jurnal Pendidikan DEIKSIS Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Pendidikan DEIKSIS
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.862 KB)

Abstract

This study aims to develop Indonesian language modules combined with national character. The backgroundof this research is that each course must instill character values in each learning material, including Indonesianlanguage courses. This research aims to produce valid, practical, and effective Indonesian language teaching materialsthat can be implemented to students especially Indonesian language courses. The study was divided into four stepscalled four-D (1) define; (2) design; (3) developing; and (4) spread. However, the duration of the study was only eightmonths, so that the study was only able to reach the third level (to develop). The product of this research is a nationcharacter language module that is ready for use by Indonesian language lecturers. The research objects wereIndonesian students and lecturers at STMIK Stikom Bali. Data collection techniques used in this study werequestionnaire techniques, interview techniques and test techniques. While the data analysis technique uses descriptivequalitative analysis techniques and descriptive statistical analysis techniques. Based on the results of the analysis it canbe concluded that the Indonesian language module based on the nation's character that is developed is suitable to beused and implemented by students, especially in Indonesian language courses.
PENERAPAN METODE ANALISIS WACANA KRITIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI TEKS DESKRIPTIF DI KELAS VIIE SMP NEGERI 1 SUSUT TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Ni Wayan Pasek Sinar Primayanti; I Wayan Numertayasa; Ni Nyoman Midangsi
Jurnal Pendidikan DEIKSIS Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan DEIKSIS
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.4 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui analisis wacana kritis dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Susut terhadap teks deskripsi, (2) mengetahui langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode analisis wacana kritis yang dapat meningkatkan pemahaman teks deskriptif siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Susut, (3) mengetahui respons siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Susut terhadap pembelajaran memahami teks deskriptif dengan metode analisis wacana kritis. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Susut yang berjumlah 33 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, Tes, dan Kuesioner (Angket). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan 2 model analisis, yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Penerapan metode Analisis Wacana Kritis (AWK) dapat meningkatkan kemampuan memahami teks deskriptif siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Susut tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata kemampuan memahami teks deskriptif siswa dari data awal ke siklus I sebesar 17,55 dan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,64. Sesuai dengan temuan tersebut disarankan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa, hasil penelitian ini bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian dengan kajian yang sama dan lebih mendalam
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF MELALUI METODE QUANTUM WRITING PADA SISWA KELAS VIIDSMP NEGERI 1 SUSUT I Gusti Ayu Karya Dewi; I Nengah Sueca; I Wayan Numertayasa
Jurnal Pendidikan DEIKSIS Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan DEIKSIS
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.379 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Susut yang kemampuan menulis siswanya masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif dengan metode quantum writing pada siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Susut, (2) untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Susut, (3) untuk mengetahui respons siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Susut dalam pembelajaran menulis karangan deskriptif dengan metode quantum writing. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan quesioner. Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan kriteria keberhasilan 75%. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran quantum writing dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif VIID SMP Negeri 1 Susut. Hal ini terlihat dari skor rata-rata kemampuan menulis karangan deskriptif pada siklus I sebesar 68,94 dan pada siklus II meningkat menjadi 78,79. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah metode pembelajaran quantum writing dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif VIID SMP Negeri 1 Susu
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS DENGAN STRTEGI KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIIIA MTs 45 GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Dewa Ayu Oka Yuni Astuti
Jurnal Pendidikan DEIKSIS Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan DEIKSIS
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.678 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIIIA MTs 45 Gianyar melalui strategi pembelajaran kontekstual; (2) untuk mengetahui langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIIIA MTs 45; (3) mengetahui tanggapan siswa kelas VIIIA MTs 45 setelah diterapkannya strategi pembelajaran kontekstual dalam menulis puisi. Penelitian ini menggunakan PTK yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIID SMP N 1 Susut, dengan objek kemampuan menulis puisi. Penelitian ini menggunakan tiga jenis metode pengumpulan data, yaitu (1) observasi, (2) tes, dan (3) kuesioner. Hasil penelitian ini berupa kemampuan menulis puisi siswa kelas VIIIA MTs 45 Gianyar pada data awal dengan rata-rata 58 yang termasuk ke dalam kategori cukup dengan daya serap sebesar 58% dan ketuntasan klasikal sebesar 19% dan pada siklus I dengan rata-rata sebesar 63,42 yang termasuk ke dalam kategori cukup dengan daya serap sebesar 63% sedangkan ketuntasan klasikal sebesar 27% dari 7 orang siswa yang tuntas pada siklus I. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,92 yang termasuk klasifikasi baik dengan daya serap 73% dan ketuntasan klasikal sebesar 88% dari 23 siswa yang tuntas. Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,42 dari siklus data awal ke siklus I dan peningkatan 9,5 dari siklus I ke siklus II
PENGARUH PENERAPAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMBUAT KARANGAN DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS VIII E SMP N 1 TEMBUKU BANGLI TAHUN PELAJARAN 2013/2014 I Ketut Sampun; Dewa Nyoman Alit; I Nyoman Sudirman
Jurnal Pendidikan DEIKSIS Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan DEIKSIS
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.498 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskriptif melalui media gambar pada siswa kelas VIII E SMP N 1 Tembuku Bangli tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk Penelitian eksperimen, dimana membandingkan pengaruh media gambar dan tanpa media gambar pada karangan deskriptif siswa. Data diperoleh dengan menggunakan metode tes. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Kualitas pengaruh penerapan media gambar terhadap kemampuan siswa membuat karangan diskriptif adalah baik. Temuan penelitian ini yang menunjukan skor rata-rata yang diperoleh siswa dalam menulis karangan deskriptif sebesar 77 daripada tanpa bantuan media gambar yaitu 65. Dilihat dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII E SMP N 1 Tembuku Bangli yaitu 70, dapat dilihat siswa yang telah berhasil mencapai KKM dalam membuat karangan deskriptif dengan bantuan media gambar adalah 23 orang atau 79,3%, sedangkan siswa yang belum mencapai KKM hanya 6 orang atau 20,7%. Hasil ketuntasan tanpa media gambar adalah sebanyak 9 siswa atau 31% dan yang belum tuntas sebanyak 20 siswa atau 69%. Jadi pengaruh penerapan media gambar terhadap kemampuan siswa membuat karangan diskriptif VIII E SMP N 1 Tembuku Bangli tahun pelajaran 2013/2014 berdasarkan KKM sudah baik
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 TEMBUKU SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2016/2017 I Komang Wijana; I Wayan Numertayasa; I Nengah Sueca
Jurnal Pendidikan DEIKSIS Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan DEIKSIS
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.517 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memproduksi teks negosisasi dan untuk mengetahui respons siswa kelas X Akuntansi dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tembuku yaitu siswa kelas X Akuntansi yang nilai kemampuan memproduksi teks negosiasinya belum mencapai KKM. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Tembuku yang terdiri dari 20 siswa. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan kriteria keberhasilan adalah nilai siswa mencapai skor rerata minimum 70 dan ketuntasan klasikal minimum 85%. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Tembuku. Hal ini dapat dilihat skor rata-rata kemampuan memproduksi teks negosiasi pada siklus I sebesar 69,90 dengan ketuntasan klasikal 60% yang tergolong belum tuntas. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 79,25 dengan ketuntasan klasikal mencapai 90%, tergolong tuntas dan sudah mencapai target yang ditetapkan peneliti. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan memproduksi teks negosiasi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Tembuku Tahun Pelajaran 2016/2017.
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PEMBELAJARAN TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 3 DENPASAR Ni Putu Swandewi
Jurnal Pendidikan DEIKSIS Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan DEIKSIS
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.823 KB)

Abstract

Pada dasarnya, setiap siswa memiliki keunikan. Keunikan itulah yang membuatnya beragam sehingga antara siswa yang satu dan yang lainnya tidak sama. Sebagai seorang guru, sudah seharusnya memahami dan menghargai keberagaman siswanya. Guru juga harus dapat memberikan pembelajaran yang tepat agar kebutuhan belajar siswa dapat terpenuhi serta potensi yang dimiliki oleh siswa dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, yaitu dengan menerapkan pembelajaran berdeferensiasi. Menurut Tomlinson (2000) pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap siswa. Strategi pembelajaran berdeferensiasi, meliputi deferensiasi konten, deferensiasi proses, dan deferensiasi produk. Lebih lanjut, Tomlinson (2001) mengelompokkan tentang kebutuhan belajar siswa, yang mencakup kesiapan belajar siswa, minat siswa, dan profil belajar siswa. Pemetaan kebutuhan belajar siswa sangat penting dilakukan dalam menerapkan pembelajaran berdeferensiasi sehingga guru dapat menggunakan strategi deferensiasi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dan mengoptimalkan potensinya. Implementasi strategi pembelajaran berdeferensiasi dalam pembelajaran teks fabel pada siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar dapat dipaparkan melalui pelaksanaan pembelajaran berdeferensiasi yang dilakukan oleh guru.
PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN SISWA KELAS RENDAH DENGAN MEMANFAATKAN CERITA OGOH – OGOH BALI I Komang Agus Farnita; I Nyoman Sudirman; I Nengah Sueca
Jurnal Pendidikan DEIKSIS Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Pendidikan DEIKSIS
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.942 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui kebutuhan siswa dan guru dalam melaksanakan kegiatan literasi di sekolah. Kedua untuk menambah bahan bacaan yang menunjang kegiatan literasi siswa kelas rendah di SDN 3 Rendang. Penelitian pengembangan bahan literasi siswa kelas rendah dengan memanfaatkan cerita ogoh – ogoh Bali dikembangkan menggunakan rancangan penelitian pengembangan (Research and Develovment). Pada penelitian ini peneliti membatasi tahap pengembangan dan peneliti menggunakan 4 tahap penelitian antara lain: 1) Identifikasi potensi masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Penyusunan bahan ajar, 4) Validasi bahan literasi. Berdasarkan penjelasan dan hasil validasi ahli dapat dinyatakan bahwa hasil pengembangan bahan literasi siswa kelas rendah dengan memanfaatkan cerita ogoh-ogoh Bali skor yang diperoleh berdasarkan angket dilihat dari segi muatan isi adalah 67,5. Berdasarkan rumus sekala likert yang dijelaskan pada BAB III rata-rata validasi yang diperoleh mendapatkan kategori sangat valid. Sedangkan rata-rata skor yang diperoleh berdasarkan angket dilihat dari segi struktur buku adalah 68. Berdasarkan rumus sekala likert yang dijelaskan pada BAB III rata-rata validasi yang diperoleh mendapatkan kategori sangat valid. Dan rata-rata skor yang diperoleh berdasarkan angket dilihat dari segi ilustrasi buku adalah 68,5. Berdasarkan rumus sekala likert yang dijelaskan pada BAB III rata-rata validasi yang diperoleh mendapatkan kategori sangat valid.
PENGGUNAAN METODE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS VIII.2 SMP NUSA DUA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Putu Yuli Retnawati; I Nyoman Sudirman; Pande Agus Adiwijaya
Jurnal Pendidikan DEIKSIS Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Pendidikan DEIKSIS
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.061 KB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini untuk meningkatkan kemampuan memahami pembelajaran menyimak siswa kelas VIII.2 SMP Nusa Dua yang berjumlah 28 orang dalam kompetensi pengetahuan Bahasa Indonesia dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams – Achievement Divisions (STAD). Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu nilai rata – rata 70 dan ketuntasan belajar minimal 85%. Penelitian menggunakan instrument pengumpulan data seperti observasi dan tes uraian. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan metode deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan klasikal hasil nilai siswa dari pra siklus ke siklus I serta siklus II. Ini dapat dilihat dari hasil ketuntasaan klisikal siswa pada pra- siklus mencapai 53,57%, siklus I mencapai 68,75%, dan siklus II mencapai 100%, dengan nilai rata – rata pada pra – siklus 62,50, siklus I 68,75 dan siklus II 85,71. Dengan ini peneliti membuktikan bahwa dengan metode STAD dapat meningkatkan nilai siswa dan membantu siswa mencapai ketuntasan belajar.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA EDMODO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI AP SMK NEGERI 1 TEMBUKU TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Ayu Putu Rina Astiti
Jurnal Pendidikan DEIKSIS Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Pendidikan DEIKSIS
Publisher : STKIP Suar Bangli

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.769 KB)

Abstract

Revolusi industry 4.0 yang saat ini menjadi tuntutan di berbagai sektor termasuk di dalam dunia pendidikan khususnya di Indonesia. Pendidikan yang notabenanya saat ini semakin dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman, sesuai dengan tujuan bangsa Indonesia yang tertuang dalam pembukaan UUD Dasar 1945 alenia ke IV salah satunya mencerdaskan kehidupan bangsa. Agar tujuan tersebut tercapai peran guru sebagai pendidik harus memiliki kualitas dan mampu mengikuti perkembangan IT, memiliki kreativitas yang tinggi dalam mengelola komponen pempelajaran. Komponen dalam pembelajaran terdiri dari materi pembelajaran, media pembelajaran, metode dan alat evaluasi. Kenyataannya, berdasarkan hasil wawancara peneliti di lapangan diketahui bahwa 85% guru belum memanfaatkan media dengan baik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan media yang digunakan khususnya media Edmodo dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Tembuku Tahun Pelajaran 2019/2020. Kemudian media tersebut akan dianalisis berdasarkan kriteria efektivitas dalam pembelajaran untuk mengetahui efektif atau tidak media tersebut karena selama ini belum pernah ada penelitian yang mengkaji penggunaan media Edmodo di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode penelitian mix method. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Instrumen penelitian adalah lembar kuesioner dan lembar wawancara. Data dan sumber data berasal dari siswa kelas XI Akomodasi Perhotelan yang berjumlah 105 siswa yang terbagi dalam 3 kelas masing – masing kelas terdiri atas 35 orang siswa dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa media Edmodo yang digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Tembuku termasuk dalam kategori efektif, yang dibuktikan dari hasil kuesioner oleh responden dan didukung dari hasil wawancara kepada guru terhadap faktor yang memengaruhi ada dua yaitu internal dan eksternal maka diperoleh nilai rata-rata 3,17 yang termasuk ke dalam kategori efektif dalam penggunaannya

Page 1 of 4 | Total Record : 36