Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 16, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan UNIGA

Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan

Ahmad Akbar (Pascasarjana UNINUS)
Raharjo Raharjo (Unknown)
Dadang Supriadi (Unknown)
Didin Wahidin (Unknown)
Hanafiah Hanafiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Adanya perubahan dalam kehidupan sosial mengantarkan manusia untuk bisa mewujudkan kehidupan yang selamat dunia dan akhirat. Pendidikan pesantren bertujuan mengembangakan kemampuna manusia dari apsek agama dan kurikulum nasioanal menjadi kesatuan yang utuh. Sekolah Berbasis merupakan model pendidikan yang mampu mengembangkan multiple intelligence, spiritual keagamaan, kecakapan hidup dan penguatan karakter kebangsaan. Tidak hanya pengetahuan agama saja, juga pengetahuan umum pun dipelajari sesuai ketentuan dari pemerintah. Adanya integrasi kultur kepesantren kedalam mata pelajaran dan manajemen sekolah. Oleh karena itu, keberhasilan suatu lembaga pendidikan tidak bisa lepas dari aspek kurikulum, dimana pengelolaan manajemen kurikulum disekolah berbasis pesantren akan berimbas pada out mutu lulusan dari lembaga pendidiakn tersebut. Maka dengan menerapkan manajemen sekolah berbasis pesantren di SMK Al-Falah Nagerg yang baik dan teringtegrasi akan menghasilkan mutu lulusan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk 1) bagimana manajemen sekolah berbasis pesantren dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Al-Falah Nagreg, 2) Bagaimana implikasi manajemen sekolah berbasis pesasntren dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK Al-Falah Nagreg. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa manajemen sekolah berbasis pesantren di SMK Al-Falah Nagreg terdiri 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan dengan dilakukannya rapat kerja (raker) awal tahun ajaran baru, 2) pengengorganisasian dengan memberikan tupoksi secara proporsional dan professional, 3) penggerakan yang dilakukan dalam bentuk kinerja bardasarkan program kerja,4) pengawasan dalam bentuk penilaian dalam mengevaluasi kinerja oleh pimpinan sekolah. Ada dua imlikasi dari implementasi manajamen sekolah berbasis pesantren yang penelitia temukan di SMK Al-Falah Nagerg yaitu implikasi teoritis yang mencakup visi, misi serta tujuan sekolah serta perlunya dikembangkan kesadaran berkerjasama dalam meningkatkan mutu lulusan.Kata kunci : Manajemen, Sekolah Berbasis Pesantren, Mutu Lulusan 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...