Al Ilmi
Vol 11 No 1 (2022): Al 'Ilmi: Jurnal Pendidikan MIPA

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK PEMBELAJARAN ASAM DAN BASA DI KELAS XI

Siti Halimah (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Mardiah Astuti (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Ravensky Yurianty Pratiwi (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang bertujuan untuk mengetahui validitas dan respon kepraktisan peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing untuk pembelajaran asam dan basa. Prosedur pengembangan dan penelitian menggunakan model ADDIE sampai tahap ADD, yang terdiri dari tahap, analysis (analisis), design (perancangan), dan development (pengembangan). Tahap development (pengembangan) menggunakan uji coba one to one dan uji coba small group. Penelitian ini melibatkan empat validator, yaitu validator ahli desain, ahli bahasa, dan 2 ahli materi. Subjek uji coba one to one dan uji coba small group adalah peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing untuk pembelajaran asam dan basa memperoleh nilai sebesar 75% dengan kategori valid, ahli bahasa memperoleh nilai sebesar 75% dengan kategori valid, ahli materi 1 memperoleh nilai sebesar 96,55% dengan kategori sangat valid, ahli materi 2 memperoleh nilai sebesar 98,57% dengan kategori sangat valid. Rata-rata dari keempat validator tersebut yaitu 82,66% dengan kategori sangat valid. Respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing untuk pembelajaran asam dan basa dikategorikan sangat baik, dimana pada tahap one to one memperoleh nilai sebesar 88,88% dengan kategori sangat praktis, dan pada tahap small group memperoleh nilai sebesar 89,12 dengan kategori sangat praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Alilmi

Publisher

Subject

Description

Jurnal Al 'Ilmi: Jurnal pendidikan MIPA merupakan jurnal multidisiplin yang diterbitkan dengan p-ISSN 2337-3083 dan e-ISSN 2615-4013. Pada tingkat nasional mencakup masalah-masalah umum atau masalah yang berkaitan dengan Biologi dan Pendidikan Biologi, Matematika, fisika dan kimia. Tujuan dari ...