Bina Insani ICT Journal
Vol 9 No 2 (2022): Bina Insani ICT Journal (Desember) 2022

Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tas Pria Berbasis Web

Hendra Bunyamin (Universitas Kristen Maranatha)
Silvia Tiffani (Universitas Kristen Maranatha)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

Banyaknya penjual yang mengalami kesulitan dalam hal pengelolaan data penjualan dan pemasaran tas pria secara manual memotivasi penelitian ini yang bertujuan merancang sebuah sistem informasi berupa aplikasi web yang dapat digunakan untuk membantu penjual-penjual. Metode perancangan aplikasi web ini menggunakan pendekatan berorientasi objek dengan notasi Unified Modeling Language (UML). Penjualan dan pencatatan laporan penjualan secara manual memiliki banyak kekurangan baik dalam hal terbatasnya waktu dan tempat untuk melakukan transaksi, maupun sulitnya mencatat laporan dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Oleh karena itu, dengan menggunakan aplikasi web sebagai sarana penjualan dapat membantu penjual di dalam mengelola barang dagangan dan transaksi secara terorganisir. Aplikasi web dalam penelitian ini memiliki 3 tipe user, yaitu user tamu atau user yang dapat melihat beberapa bagian website tanpa harus login, user member atau user yang dapat melihat website dan melakukan transaksi, dan user admin atau user yang bisa mengendalikan isi website. Fitur-fitur aplikasi web penjualan ini adalah fitur untuk melihat profil pengguna, login, logout dan regisrasi, memasukan barang ke keranjang, checkout serta melihat history transaksi pengguna. Berdasarkan dari apa yang telah dibahas pada uraian sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa fitur-fitur yang ada pada website ini dapat digunakan penjual untuk mengelola barang, bertransaksi dan mencatat laporan penjualan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BIICT

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Bina Insani ICT Journal (BIICT) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Bina Insani. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Algoritma, Augmented and Virtual Reality, Bahasa Komputasi, Computer Graphics, Game Teknologi, Mobile Computing, ...