Jurnal IKA PGSD : Ikatan Alumni PGSD UNARS
Vol 12 No 2 (2022): DESEMBER

ANALISIS STRUKTURAL EQUATION MODEL DALAM KAJIAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Arie Purwanto (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Melania Eva Wulanningtyas (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Pendidikan merupakan perihal yang sangat penting guna menjamin perkembangan dan regrenersai ilmu pengetahuan. Dalam praktiknya sangat banyak ditemui permasalahan dalam implementasi sistem belajar dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan karakteristik subyek dalam pendidikan yang dimaksud yakni manusia. Keunikan manusia membuatnya memiliki ciri khas tersendiri untuk setiap individunya. Namun demikian hal tersebut bukan merupakan hal yang harus dihindari. Sebagai seorang pendidik merupakan perihal yang wajib untuk mengatasi tantangan yang dihadapi. Salah satu permasalahan yang titemui yakni terkait hasil belajar siswa. Hasil belajar dianggap sebagai tolak ukur keberhasilan sistem pendidikan yang dijalankan. namun demikian hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya faktor internal, psikologis, dan faktor eksternal. Hal ini menjadi perihal yang utama yang harus diselesaikan. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dampak dari faktor yang memperngaruhi hasil belajar. Analisis yang digunakan adalam analisis Persamaan Model Struktural dengan metode estimasi yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hal ini dilakukan karena struktur model yang digunakan sangatlah kompleks sehingga membutuhkan analisis yang dapat secara baik mengevaluasi permasalahan yang ditemuai. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan yang pada lingkungan sekolah, masa depan dan cita-cita, serta lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa. Lingkungan sekolah mempengaruhi hasil belajar secara sangat signifikan dengan pengaruh sebesar 0,482. Selain itu Masa depan dan cita-cita memberikan pengaruh secar sangat signifikan sebesar 0,213, dan lingkungan keluarga memberikan pengaruh secara sangat signifikan yakni sebesar 0,244.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsdunars

Publisher

Subject

Education Other

Description

IKA PGSD adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Pertama kali dibentuk pada tahun 2012, dan saat ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal IKA PGSD berisikan hasil penelitian dan kajian ...