Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitataif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018.Data dalam penelitian ini adalah kata dan kalimat dalam buku siswa pada bagian petunjuk kerja.Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku ajar berupa buku siswa kelas 5 yang diterbitkan oleh kemendikbud. Adapun teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain dokumentasi, kajian isi, dan pengkodean. Adapun sistem pengkodean yang digunakan dalam penelitian ini di dasarkan pada kategori-kategori yang ditentukan sebelumnya lalu memecah kategori menjadi subkategori yang lebih kecil. Kategori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kategori kepribadian dan sosial.Berdasarkan hasil analisis terhadap Buku Tematik siswa kelas 5 tentang nilai karakter yang terkandung dalam kalimat petunjuk kerja operasional diperoleh 2 klasifikasi nilai karakter yaitu nilai karakter kepribadian dan nilai karakter sosial.Adapun nilai karakter kepribadian yang teridentifikasi sebanyak 122 antara lain : nilai karakter religius, cinta tanah air, kerja keras, kreatif, mandiri, tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan percaya diri. Sedangkan jenis karakter sosial yang teridentifikasi 72 karakter antara lain: nilai karakter bersahabat/ komunikatif, cinta damai, menghargai prestasi, semangat kebangsaan, peduli sosial, peduli lingkungan, dan toleran.
Copyrights © 2022