EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa melalui Penggunaan Media Diorama pada Siswa Sekolah Dasar

Nancy Angelia Purba (Universitas HKBP Nommesen Pematangsiantar)
Restio Sidebang (Universitas Quality, Indonesia)
Amelia Simanungkalit (Universitas Prima Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas dengan materi menulis puisi pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 122371 Pematang Siantar. Tujuannya untuk meningkatkan proses belajar mengajar di kelas agar mendapat hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Metode yang digunakan yakni action research dari penggunaan media diorama. Alat pengumpul data yang digunakan yakni lembar observasi guru dan siswa serta tes menulis puisi. Hasil temuan membuktikan bahwa kemampuan menulis puisi yang diperoleh pada siklus I bahwa 65 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80. Dari lembar aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas guru sebesar 33 (cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 42,75 (baik). Lembar observasi siswa pada siklus I adalah sebesar 34,5 (cukup) sedangkan pada siklus II sebesar 41,75 (baik) mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II secara keseluruhan pada siklus II dan berada pada kategori baik. Atas dasar hipotesis tindakan maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis puisi melalui penggunaan media diorama pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 122371 Pematang Siantar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...