Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena siswa yang mengalami bullying dan dampak ataupun pengaruh dari tindakan tersebut dalam lingkup sosial siswa terutama dalam hubungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat bullying dan tingkat hubungan sosial siswa korban bullying serta pengaruh tindakan bullying tersebut terhadap hubungan sosial siswa pada kelas VIII di SMP N 17 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode expost facto. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Untuk mengetahui ketepatan instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Dalam teknik analisis data menggunakan rumus formula C, uji normalitas, uji linearitas serta analisis regresi sederhana dengan menggunakan SPSS 24. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan semua populasi menjadi sampel berjumlah 48 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat bullying yang dialami siswa korban bullying yaitu 56,73% sedangkan tingkat hubungan sosial siswa korban bullying yaitu 69,75% serta pengaruh bullying terhadap hubungan sosial siswa kelas VIII di SMP N 17 Kota Jambi berada pada persentase sebesar 0,371 atau sebesar 37,1% dengan klasifikasi cukup kuat. Dengan demikian, walaupun memiliki pengaruh yang tidak terlalu tinggi namun bullying merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hubungan sosial siswa dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Copyrights © 2023