Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana faktor teman sebaya, dan faktor media massa sehingga menyebabkan timbulnya perilaku Bullying dikalangan peserta didik. Manfaat penelitian ini membantu orang tua dan sekolah dalam menanggulangi kasus Bullying Verbal yang terjadi dikalangan peserta didik ditinjau dari faktor penyebabnya. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Peneliti mengambil data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah peserta didik yang pernah menjadi pelaku dan teman dekat dari pelaku, dan orang tua dari pelaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor teman sebaya menjadi penyebab timbulnya perilaku Bullying Verbal di kalangan peserta didik, karena tingginya intensitas komunikasi antar teman sebaya yang memungkinkan peserta didik ini terhasut oleh teman-temannya yang berorientasi negatif, adanya faktor ingin diakui oleh anggota kelompok teman sebayanya dan meniru perilaku negatif dari teman-teman nya karena di kalangan bermain nya hal seperti itu sudah dibiasakan. (2) faktor media massa menjadi penyebab timbulnya perilaku Bullying Verbal di kalangan peserta didik, karena adanya penyalahgunaan media sosial sebagai media dimana hobi partisipan yang suka menonton hal-hal kekerasan yang ditonton nya dan meniru perilaku tersebut
Copyrights © 2023