Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Model Pembelajaran Kelompok dalam Meningkatkan Sosial Anak di TK Al-Jama’iyah

Dhea Dwita Putri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Khadijah Khadijah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Kartika Tri Amalia (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ririn Putri Ali (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Shofiyatul Af-Idah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa model pembelajaran kelompok dalam meningkatkan sosial anak di TK Al-Jama’iyah. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al-Jama’iyah, namun model pembelajarannya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan model pembelajaran kooperatif atau Cooperative Learning ini ialah suatu pola pembelajaran yang berbentuk kelompok-kelompok dan adanya interaksi kerjasama antar siswa dan guru dalam memahami materi pembelajaran. Sumber data penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan anak murid. Untuk pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi di TK Al-Jama’iyah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran di TK Al-Jama’iyah adalah guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok dan meminta masing-masing kelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...