JUTEKINF
Vol. 10 No. 2 (2022): Juli - Desember 2022

Studi Kelayakan Kepuasan Pelanggan PAMSIMAS Bagan Keladi Berbasis Web Menggunakan Metode CSI (Customer Satisfaction Index)

Puji Wulan Dari (Sekolah Tinggi Teknologi Dumai)
Ari Sellyana (Sekolah Tinggi Teknologi Dumai)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

PAMSIMAS Bagan Keladi merupakan organisasi yang menyediakan sistem penyediaan air minum dan sanitasi dengan pendekatan berbasis masyarakat yang disusun dalam Rencana Aksi Daerah bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RADAMPL) dan dibentuknya KP-SPAM yang bertugas sebagai pengelola air bersih tersebut. Dengan misi menyediakan air bersih yang memenuhi standar pelayanan, pengelolaan dengan professional, dan melestarikan sumber daya air maka pihak KP-SPAM dituntut untuk terus meningkatkan pelayanan secara professional dan optimal dalam rangka usaha untuk memberikan kepuasan pelanggan. Mengingat pentingnya aspek mutu pelayanan dan aspek kepuasan pelanggan bagi keberlangsungan organisasi, maka penulis melakukan penelitian untuk mengetahui kepuasan pelanggan menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index). Dimana CSI digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan secara menyeluruh dengan melihat kepentingan dan kepuasan terhadap 5 dimensi atau RATER (Responsiveness, Assurance, Tangibles, Empathy, dan Reliability). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil pencarian CSI untuk kepuasan pelanggan berada pada klasifikasi “PUAS” dengan nilai 68,39%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jutekinf

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal JUTEKINF (Teknologi Komputer dan Informasi) diterbitkan oleh Program Studi : Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Dumai sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang aspek-aspek sain dan teknologi informasi berupa hasil penelitian lapangan atau laboratorium maupun studi pustaka. ...