Melalui Focussed Group Discussion, guru menjelaskan bahwa permasalahan pembelajaran matematika yaitu belum adanya media pembelajaran matematika yang menarik untuk digunakan selama pembelajaran pasca pandemic dengan moda tatap muka. Padahal, selama pandemi, siswa kurang dapat memahami materi dan bosan dengan pembelajaran matematika yang disajikan melalui power point memuat teks secara penuh. Hal ini melandasi penelitian ini yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbantuan MATLAB. Penelitian berjenis pengembangan menggunakan model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Tahap awal yaitu mengidentifikasi kebutuhan sekolah terkait kecukupan materi dan kemampuan awal siswa maupun guru. Selanjutnya, dilakukan perancangan media menggunakan MATLAB. Pengembangan media dilakukan dengan mengujicobakan secara terbatas pada satu kelas di SMP dan satu kelas di SMA. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya lembar tes dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan menggunakan MATLAB efektif untuk diujicobakan pada pembelajaran matematika di berbagai sekolah. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji coba media, siswa mampu lulus tes dengan skor di atas KKM dan respon siswa positif terhadap kemenarikan dan kemudahan penggunaan media.
Copyrights © 2022