Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 1 (2023): Januari-Juni 2023

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

Riski Rahmadyanty Kiki (Unknown)
Susanti Faipri Selegi (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Sylvia Lara Syaflin (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat efektivitas dari penerapan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk dengan menggunakan desain One Group Pretest – Posttest Design. Metode pengumpulan data adalah tes berupa pilihan ganda dan dokumentasi. Hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t, diketahui bahwa efektivitas model pembelajaran somatic auditory visual intelektual diperoleh thitung = 8,51 hal ini berarti model pembelajaran savi memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa karena nilai ini menunjukkan angka positif, dan pengaruh tersebut memiliki taraf signifikan 5%, dan nilai ttabel 2,09. Disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel berarti Ho ditolak sedangkan Ha diterima maka hipotesis penelitian ini adalah efektiv dilihat dari hasil nilai Pretest dan nilai Posttest siswa kelas V.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...