Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 1 (2023): Januari-Juni 2023

PENGARUH STRATEGI DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA CERPEN PADA KELAS IV SD

Devani Manalu (Unknown)
Susanti Faipri Selegi (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Puji Ayurachmawati (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi direct reading thinking activity terhadap pemahaman membaca cerpen pada kelas IV SD. Metode yang digunakan yaitu Quasi Experimen Design yang berjenis Noequivalent Control Group Design Pretest-Pottest. Sampel dalam pelaksanaan ini berjumlah 61 siswa kelas IV. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini ada tiga yaitu, teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Dilihat dari perhitungan yang diperoleh thitung sebesar = 2,67 dan ttabel = 1,67, dimana thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi Direct Reading Thinking Activity berpengaruh terhadap pemahaman membaca cerpen pada kelas IV SD Negeri 32 Talang Kelapa tahun ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alpen

Publisher

Subject

Other

Description

Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar Contains writings on conceptual ideas, studies equipped with research results or literature, and application of theories related to education, especially in the field of primary school education. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar is a journal that aims to be a forum of ...