MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2022): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika

Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Menggunakan “Kopi Hangat” Berorientasi Game Based Learning di MTsN 1 Kota Magelang

Kukuh Santoso (MTsN 1 Kota Magelang)
Lailatul Masfufah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2023

Abstract

Pembelajaran pada masa pandemi menimbulkan “learning loss” yang mengakibatkan turunnya hasil belajar dan motivasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran matematika menggunakan “Kopi Hangat” berorientasi Game Based Learning (GBL); (2) mendeskripsikan pembelajaran matematika menggunakan “Kopi Hangat” berorientasi GBL dapat meningkatkan hasilbelajar; dan (3) mendeskripsikan pembelajaran matematika menggunakan “Kopi Hangat” berorientasi GBL dapat meningkatkan motivasi belajar. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 dalam dua siklus dengan dua pertemuan untuk setiap siklus. Subjek penelitian kelas VII E sebanyak 25 siswa. Pembelajaran menggunakan Kartu Operasi Hitung Bilangan Bulat (Kopi Hangat) dan model GBL. Data penelitian ini berupa hasil belajar, motivasi belajar, dan aktivitas pembelajaran. Hasil belajar diperoleh melalui tes tertulis. Motivasi belajar diperoleh melalui angket siswa. Aktivitas pembelajaran diperoleh melalui pengamatan observer. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil belajar siswa pada kondisi awal berupa banyak siswa belum tuntas sebanyak 48% dan tuntas 52%. Siklus 1 banyak siswa belum tuntas 44% dan tuntas 56%. Siklus 2 banyak siswa belum tuntas 24% dan tuntas 76%. Berdasarkan indikator keberhasilan, penggunaan Kopi Hangat berorientasi GBL mampu meningkatkan hasil belajar. Motivasi belajar pada kondisi awal meliputi banyak siswa dengan motivasi lemah 44%, sedang 52%, dan kuat 4%. Siklus 1 banyak siswa dengan motivasi lemah 20%, sedang 24%, dan kuat 56%. Siklus 2 banyak siswa dengan motivasi lemah 0%, sedang 4%, dan kuat 96%. Berdasarkan indikator keberhasilan, penggunaan Kopi Hangat berorientasi GBL mampu meningkatkan motivasi belajar. Berdasarkan pengamatan observer, proses pembelajaran berjalan baik dari siklus 1 ke siklus 2, sesuai dengan sintaks model GBL yang sudah direncanakan.Kata Kunci: bilangan bulat, game, kartu, media, operasi hitung

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mathlocus

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam ...