Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan
Vol 2 No 1 (2023): Januari: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan

PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TRAVELOKA DI KOTA SEMARANG

Joko Riyanto (Universitas 17 Agustus 1945 Semarang)
Muchayatin Muchayatin (Universitas 17 Agustus 1945 Semarang)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2023

Abstract

This study aims to analyze the effect of digital marketing and marketing of consumer relations on consumer loyalty, especially for Traveloka train ticket consumers in Semarang City. The number of samples in this study amounted to 100 respondents using a random sample method. Respondents in this study were consumers of Traveloka train tickets in Semarang city using a Likert scale. The analysis technique in this research is descriptive quantitative. The research results obtained are that there is a positive and significant influence between digital marketing and consumer relationship marketing variables on consumer loyalty. These results provide a basis for Traveloka to increase customer loyalty by providing service satisfaction by implementing digital marketing and consumer relationship marketing Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari pemasaran digital dan pemasaan hubungan konsumen terhadap loyalitas konsumen, terkhusus untuk konsumen tiket kereta api Traveloka di Kota Semarang. Jumlah sampel pada penelitian ini sebesar 100 responden dengan mnggunakan metode sampel secara acak. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen tiket kereta api Traveloka di kota semarang dengan menggunakan skala likert yang kemudian diolah dengan mnggunakan SPSS. Teknik analisis pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang didapatkan adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel pemasaran digital dan pemasaran hubungan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Hasil ini memberikan dasar acuan bagi Traveloka untuk meningkatkan loyalitas konsumen dengan memberikan kepuasan layanan dengan menerapkan pemasaran digital dan pemasaran hubungan konsumen

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jimak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JIMAK) adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah manajemen dan kewirausahaan yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu manajemen, bisnis dan Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan ...