Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah Permasalahan kompetensi guru inklusi di sekolah dasar merupakan permasalahan yang belum terpecahkan sejalan dengan kompleksitas perubahan lingkungan, baik dalam sisi perencanaan, pelaksanaan maupun penilaian. Tujuan umum penelitian ini adalah ingin memperoleh gambaran tentang pembinaan kompetensi guru inklusi untuk meningkatkan pembelajaran siswa di sekolah dasar inklusif. Sedangkan tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran atau informasi tentang: 1) perencanaan workshop kompetensi guru inklusi untuk meningkatkan pembelajaran siswa sekolah dasar inklusif di Kec. Cililin, 2) pengorganisasian workshop kompetensi guru inklusi untuk meningkatkan pembelajaran siswa sekolah dasar inklusif di Kec. Cililin, 3) pelaksanaan workshop kompetensi guru inklusi untuk meningkatkan pembelajaran siswa sekolah dasar inklusif di Kec. Cililin, 4) evaluasi workshop kompetensi guru inklusi untuk meningkatkan pembelajaran siswa sekolah dasar inklusif di Kec. Cililin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Aspek-aspek perencanaan telah dijalankan menyesuaikan dengan kondisi dan kemampuan SD Inklusif yang bersangkutan, 2) Untuk pengorganisasian menunjukan sesuai dengan azas-azas pengorganisasian, 3) Pelaksanaan yang dilakukan dalam workshop sudah masuk kriteria program-program dalam pelaksanaan kompetensi guru inklusi , 4) Evaluasi yang dilakukan sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dengan cara melakukan penilaian pembelajarn tertulis dan lisan pada guru inklusi.Workshop kompetensi guru inklusi untuk meningkatkan pembelajaran siswa sekolah dasar inkluif, telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan, dalam pelaksanaannya sangat mendukung peningkatan pembelajaran siswa walaupun masih belum optimal karena terbatasnya dukungan sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya. Kebutuhan kompetensi guru inklusi untuk meningkatkan pembelajaran siswa inklusif sebagai kebutuhan mutlak bagi sekolah dasar inklusif dalam meningkatkan pembelajaran siswa inklusif agar kualitas output atau lulusannya meningkat.
Copyrights © 2023