Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 1: Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023

Kajian Learning Obstacle pada Topik Bilangan Berpangkat Ditinjau dari Literasi PISA 2021

Syein Fadilla Putri Sumirat (Universitas Pendidikan Indonesia)
Eyus Sudihartinih (Universitas Pendidikan Indonesia)
Encum Sumiaty (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis learning obstacle pada topik bilangan bulat yang ditinjau dari literasi matematis PISA 2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan kerangka penelitian desain didaktis (didactical design research), yang terfokus pada learning obstacle. Instrumen untuk mengkaji learning obstacle didesain berdasarkan literasi matematis PISA 2021. Partisipan penelitian ini adalah enam siswa kelas IX di salah satu SMP di kota Bandung. Data dikumpulkan melalui tes tulis dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima jenis learning obstacle yaitu pemahaman konsep perkalian pada perpangkatan, pemahaman operasi penjumlahan bilangan berpangkat, pemahaman dalam menjabarkan , pemahaman dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perpangkatan, serta koneksi konsep bilangan berpangkat dan bentuk decimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...