Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Efektivitas Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Pada Pelayanan Publik Di Era Digital (Studi Di Kantor Camat Ternate Utara Kota Ternate)

Frangky E. D Robial (Universitas Teknologi Sulawesi Utara)
Christian Tarandung (Universitas Teknologi Sulawesi Utara)
Avent Patiro (Universitas Teknologi Sulawesi Utara)
Tonny Wangania (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2023

Abstract

Pelaksanaan tugas dalam konteks pemerintah daerah masih banyak menghadapi permasalahan dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik secara menyeluruh. Oleh karena itu, diundangkannya Undang-Undang Pemerintahan Daerah No. 23 Tahun 2014 akan memberikan peluang yang lebih besar untuk melaksanakan prinsip desentralisasi, pemisahan kekuasaan, tugas pembantuan dan otonomi daerah, memungkinkan pemerintah daerah untuk melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan. masyarakat dengan sebaik-baiknya, tidak lagi terlalu mengandalkan pemerintah pusat (sentralisasi). Di era digital saat ini, inovasi layanan berbasis teknologi merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mewujudkan layanan yang akuntabel dan transparan, yang merupakan pilar fundamental dari paradigma good governance. Komponen utama keberhasilan akuntabilitas publik adalah adanya sistem keterbukaan informasi. Transparansi informasi ini merupakan modal penting yang dapat digunakan untuk menilai kinerja pelayanan sektor publik dan menilai akuntabilitas pelaksana sektor publik atas segala keputusan dan tindakannya. Pertanyaan yang diajukan oleh penelitian ini adalah seberapa efektif penerapan prinsip good governance dalam pelayanan publik di era digital (penelitian dilakukan di Kanwil Kota Ternate Utara). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif penerapan prinsip good governance dalam pelayanan publik di Kantor Kecamatan Ternate Utara di Kota Ternate.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data melalui wawancara. Temuan kajian efektivitas penerapan prinsip good governance pada pelayanan publik di era digital (penelitian dilakukan di Kantor Kecamatan Ternate Utara) sangat efektif dalam meningkatkan pelayanan publik. Hal ini terlihat dari partisipasi aktif masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Pemerintah Kecamatan Ternate Utara belum menerapkan layanan digital untuk mendukung efektifitas dan efisiensi pelayanan Kantor Camat Ternate Utara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...