Jurnal IAKP: Jurnal Inovasi Akuntansi Keuangan & Perpajakan
Vol. 3, No. 1, Juni 2022

Pengaruh Manajemen Risiko Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020)

Yunia Kurniasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Peningkatan nilai perusahaan yang tinggi akan mencerminkan nilai saham yang stabil dan mengalami kenaikan jangka panjang. Dengan adanya permasalahan yang terjadi terkait dengan nilai perusahaan yang dicerminkan melalui harga saham perusahaan pertambangan, hal tersebut di jelaskan melalui Indeks harga saham pertambangan yang mengalami penurunan harga. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh manajemen risiko perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Metode pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) selama 2017-2020, Sampel yang diambil sebanyak 49 perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 25.Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa manajemen risiko perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara simultan, seluruh variabel independen dalam penilitian ini berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: nilai perusahaan, manajemen risiko perusahaan, ukuran perusahaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

iakp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal IAKP merupakan jurnal ilmiah yang mengeksplorasikan disiplin ilmu bidang akuntansi, keuangan, perpajakan, dan audit. Dapat berupa artikel penelitian, review dan kajian ilmiah. Diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bengkalis. Terbit dua kali ...