Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Islam Interdisipliner
Vol. 1 No. 2 (2022): JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sains Islam Interdisipliner

Implementasi Pendidikan Karakter Religius Remaja melalui Kegiatan Rutin Pembacaan Kitab Maulid Diba’ di Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung

Widyaningrum Widyaningrum (INISNU Temanggung)
Sigit Tri Utomo (INISNU Temanggung)
Ana Sofiyatul Azizah (INISNU Temanggung)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2022

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam menghadapi segala tantangan kehidupan termasuk dalam hal kecerdasan sekaligus membangun kepribadian manusia supaya dapat menjadi sosok yang berkarakter mulia. Namun fakta menunjukkan terdapat kegagalan dalam menumbuhkan masyarakat Indonesia yang berkarakter kuat dan mulia terlebih pada generasi muda. Maka dari itu pendidikan karakter religius urgen diimplementasikan lebih maksimal guna mengatasi degradasi moral salah satunya melalui pendekatan kegiatan keagamaan. Terkait dengan hal tersebut Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung menerapkan kegiatan rutin pembacaan kitab Maulid Diba’. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter religius remaja melalui kegiatan rutin pembacaan kitab Maulid Diba’ di Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung (2) untuk mengetahui nilai-nilai religius pada kegiatan rutin pembacaan kitab Maulid Diba’ di Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data menggunakan data primer serta data sekunder. Data primer meliputi hasil wawancara dan observasi. Sementara data sekunder dari hasil dokumentasi. Selanjutnya teknik pengumpulan data dengan metode wawancara berupa jenis wawancara terstruktur, observasi dengan jenis observasi berperan, serta dokumentasi. Sementara teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jenis triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) implementasi pendidikan karakter religius remaja melalui kegiatan rutin pembacaan kitab Maulid Diba’ di Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung dilakukan dengan menggunakan strategi keteladanan, kedisiplinan, seta pembiasaan (2) nilai-nilai religius pada kegiatan rutin pembacaan kitab Maulid Diba’ di Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung yaitu tawadhu’, iman, munfikun/ tolong-menolong, serta silaturrahim

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPSI

Publisher

Subject

Religion Humanities Library & Information Science Social Sciences

Description

Education Science. The Islamic Education Science. Educational Psychology. Learning Psychology. Educational Philosophy. Islamic Educational Philosophy. Lesson Plan. Lesson Design. Lesson Media Development of Resources and Learning Media. Learning Theory of Islamic Education. Learning Strategies of ...