Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran pantun di kelas V Sekolah Dasar terhadap pendidikan karakter peserta didik. Karakter yang diamati berkaitan dengan implementasi Profil Pelajar Pancasila pada dimensi gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDIT Tunas Harapan Ilahi, Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian “kualitatif deskriptif”, yaitu suatu rumusan masalah yang memandu penelitian untuk mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang akan diteliti. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara yang akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dan perilaku yang diamati. Output projek berupa kartu pantun yang dibuat peserta didik secara berkelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning pada materi pantun sesuai untuk implementasi Profil Pelajar Pancasila pada dimensi gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.
Copyrights © 2023