Metode ceramah yang masih sering digunakan untuk menyampaikan materi menyebabkan peserta didik merasa kesulitan dalam memahami materi tanpa adanya penggambaran langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk: Menganalisis kualitas media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif pada materi koloid, Menganalisis respon peserta didik SMA Negeri 1 Salang terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif pada materi koloid, Menganalisis respon guru SMA Negeri 1 Salang terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif pada materi koloid. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model Borg and Gall yang terdiri dari tujuh tahap yaitu: Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi produk, Revisi Produk, Uji coba produk, dan Revisi produk. Dilaksanakan di SMA Negeri 1 Salang dengan subjek penelitian 22 orang peserta didik kelas XI IPA dan 1 orang guru Kimia di SMA Negeri 1 Salang. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh sebesar 85,0%, sedangkan dari ahli media sebesar 88,8% dikategorikan sangat layak digunakan. Hasil tanggapan peserta didik dan guru dikategorikan sangat baik dengan persentase rerata sebesar 89,0%, persentase tanggapan guru sebesar 91,4%, sedangkan tanggapan peserta didik terhadap angket SUS diperoleh nilai rerata keseluruhan seb esar 62,95 dan dikategorikan cukup baik.Kata Kunci: Koloid, powerpoint interaktif, tanggapan guru dan peserta didik, SUS
Copyrights © 2022