Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari ditinjau dari kepercayaan diri. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa yang berasal dari kelas VIII yaitu subjek self confidence tinggi, subjek self confidence sedang, dan subjek self confidence rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket self confidence, tes kemampuan berpikir kritis matematis serta wawancara. Adapun pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yaitu triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Siswa dengan self confidence tinggi mampu melalui 4 (semua) tahapan/indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu indikator interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. (2) Siswa dengan self confidence sedang mampu melalui 2 tahapan/indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu indikator interpretasi dan analisis. (3) Siswa dengan self confidence rendah mampu melalui 1 tahapan/indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu indikator interpretasi.
Copyrights © 2022