Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi perhatian orang tua, motivasi belajar, prestasi belajar matematika siswa kelas X IPA SMAN 1 Tongkuno; (2) pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar secara parsial maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X IPA SMAN 1 Tongkuno. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 1 Tongkuno sebanyak 116 siswa dan sampel diambil secara acak sebanyak 58 siswa. Data diperoleh dari instrumen angket serta dokumentasi Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) perhatian orang tua siswa dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 36 siswa, motivasi belajar siswa kategori tinggi yaitu sebanyak 40 siswa dan prestasi belajar matematika siswa dalam kategori cukup yaitu sebanyak 30 siswa; (2) perhatian orang tua dan motivasi belajar secara parsial maupun bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X IPA SMAN 1 Tongkuno.
Copyrights © 2022