Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Vol 14, No 1 (2023): Januari

KESULITAN BELAJAR: ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP SISWA

Jiji Najiah (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka)
Titik Haryati (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka)
Fery Irianto Setyo Wibowo (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)
Niam Rohmatullah (Institut Ummul Quro Al-Islami)
Ory Syafari Jamel Sutiyan (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2023

Abstract

Abstrak: Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar pada pola dan metode pendidikan yang awalya tatap muka menjadi daring secara mendadak dan tiba-tiba. Fenomena ini memaksa guru dan siswa beradaptasi pada pembelajaran daring yang belum dipersiapkan secara matang. Perbedaan pola dan metode pembelajaran ini menimbulkan kesulitan-kesulitan belajar pada siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat kesulitan belajar yang dihadapi siswa ketika melakukan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SMPN 1 Cipanas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan 56 Sampel responden siswa Kelas VII SMPN 1 Cipanas. Data yang terkumpul diuji keabsahannya dengan uji validitas dan reliabilitas. Kemudian dianalisis menggunakan analasis data kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kesulitan belajar yang dihadapi siswa ketika mengikuti pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 sebesar 75,94% masuk pada kategori tinggi. Indikator yang paling mempengaruhi yaitu kesulitan belajar yang disebabkan oleh ketidakstabilan jaringan.Abstract:  The Covid-19 pandemic has had a major impact on education patterns and methods, which were initially face-to-face and suddenly online. This phenomenon forces teachers and students to adapt to online learning that has not been properly prepared. Differences in learning patterns and methods cause learning difficulties in students. So this study aims to look at the learning difficulties faced by students when doing online learning during the Covid-19 pandemic at SMPN 1 Cipanas. This study used a descriptive quantitative approach with 56 sample respondents from Class VII students of SMPN 1 Cipanas. The data collected was tested for its validity by testing the validity and reliability. Then analyzed using descriptive quantitative data analysis. Based on the results of the study it can be concluded that overall the learning difficulties faced by students when participating in online learning during the Covid-19 pandemic in the high category. The most influencing indicator is learning difficulties caused by the unstabled network.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paedagoria

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan sejak tanggal 1 April 2010 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram dengan ISSN 2086-6356. Adapun fokus dan scope publikasi adalah hasil penelitian atau kajian kritis di bidang ...