AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran holistik integratif bagi pendidikan anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dengan subjek penelitian adalah TK Setia dan Tunas Bahari. Metode penelitian ini adalah metode observasi dengan mengamati langsung bagaimana jalannya proses pembelajaran holistik integratif. Berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi, dapat disimpulkan bahwa TK Setia dan Tunas Bahari di kota Baubau telah mengimplementasikan pembelajaran holistik integratif. Diantaranya dalam menentukan dan merencanakan kegiatan proses belajar mengajar di kelas, guru telah melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan baik. TK Setia dan Tunas Bahari yang berada di kota Baubau juga telah memberikan layanan kesehatan dan gizi untuk anak selama di sekolah.
Copyrights © 2022