Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 6 No. 3 (2022): Oktober 2022

Pembelajaran Berbasis Phenomenon Based Learning untuk Mengatasi Fenomena Learning Loss Siswa Sekolah Dasar

Ni Made Andriani (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Made Tegeh (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Made Suarjana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2023

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran daring mengakibatkan terjadinya learning loss pada siswa, sehingga pada pembelajaran pasca pandemi siswa mengalami penurunan baik dari hasil belajar maupun keterampilannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang dapat mengatasi fenomena learning loss pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (pengembangan) dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli desain, ahli media pembelajaran, praktisi dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah tingkat learning loss siswa kelas IV sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan bersifat valid ditinjau dari hasil penilaian ahli, praktis ditinjau dari hasil penilaian praktisi dan efektif ditinjau dari hasil uji coba terhadap siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...