JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 16 No 2 (2022): Jurnal Perspektif Pendidikan Vol 16 No 2 Desember 2022

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK PADA MATERI SEJARAH SEBAGAI ILMU, MITOS, LEGENDA, DONGENG

Yeni Asmara (Universitas PGRI Silampari)
Tiara Titania (Universitas PGRI Silampari)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis komik pada materi sejarah sebagai ilmu, mitor, legenda, dongeng dengan menintegrasikan ceritas rakyat lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada tahapan model 4-D. Bedasarkan analisis data validasi produk dari validator ahli materi memperoleh hasil 0,89 termasuk dalam katogori sedang, ahli media memperoleh persentase hasil 0,67 termasuk dalam kategori sedang, dan ahli bahasa sebesar 0,75 dengan kriteria sedang. Selanjutnya pada uji kepraktisan yang telah dilakukan diperoleh hasil rata-rata 4,5 dari siswa dengan kriteria sangat praktis kemudian hasil penilaian dari guru diperoleh rata-rata 4,4 dan termasuk dalam ketgori sangat praktis. Sehingga dari hasil validasi ahli dan uji coba produk, dapat disimpulkan bahwa modul media pembelajaran berbasis komik pada materi sejarah sebagai ilmu, mitor, legenda, dongeng dengan menintegrasikan ceritas rakyat lubuklinggau sangat baik dan disetujui untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...