Jurnal Ilmiah Manajemen "E M O R"
Vol 6, No 2 (2022): Desember

PENGARUH CONSUMER REVIEW, EASE OF TRANSACTION, CELEBRITY INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN FOOD DELIVERY

Titik Winarti (Universitas Negeri Surabaya)
Yesi Artanti (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2023

Abstract

Berkembangnya teknologi yang semakin modern berdampak positif bagi peradaban manusia dimasa pandemi. Selama masa pandemi banyak masyarakat yang menggunakan jasa pengantar makanan untuk memenuhi kebutuhan mereka ketika aktivitas diluar rumah terbatas. Pengantaran makanan sangat nyaman dan hanya menggunakan aplikasi yang disediakan mempermudah konsumen dalam melakukan pembelian makanan tanpa harus keluar rumah. Konsumen dapat memesan makanan yang mereka butuhkan dan menikmatinya dengan nyaman di rumah tanpa khawatir kontak fisik dengan orang lain. Dalam hal ini peneliti menguji consumer review, ease of transaction, celebrity influencer terhadap keputusan penggunaan apikasi food delivery dimasa pandemi Covid-19. Fokus penelitian ini terhadap pengguna aplikasi pengantar makanan Grabfood dengan rentang usia 16-55 tahun menggunakan sampel sebesar 200 dengan teknik non probability sampling. Penelitian termasuk jenis penelitian konklusif dan data dalam penelitian diperoleh melalui penyebaran kuisoner online. Data penelitian dianalisis melalui teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa consumer review, ease of transaction dan celebrity influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi food delivery. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa consumer review, ease of transaction dan celebrity influencer berperan krusial dalam mempengaruhi keputusan penggunaan aplikasi food delivery. Implikasi praktis pada penelitian ini dapat digunakan untuk membantu kegiatan pemasaran dan promosi dari aplikasi pengantar makanan. Adapun implikasi teoritis pada penelitian ini memperlihatkan bahwa variabel celebrity influencer berpengaruh paling besar dibandingkan dengan consumer review dan ease of transaction, sehingga apabila celebrity influencer meningkat maka hal tersebut dapat meningkatkan keputusan konsumen dalam menggunakan aplikasi layanan pesan antar makanan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

emor

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen "Emor" (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset) diterbitkan 2 kali setahun yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan ilmu manajemen. Jurnal Emor berisi gagasan, laporan hasil penelitian serta pembahasan teori dan ...